Browse By

Ditabrak, Penahan Jembatan Ambrol

BUGULKIDUL – Penahan jembatan Buk Wedi, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul, ambrol. Meski tak terlalu besar,  ambrolnya penahan tersebut  meresahkan pengendara yang  melintas. Kondisi ini sudah terjadi  sejak beberapa hari terakhir, namun sampai kemarin (7/4),  belum ada penanganan.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kondisi jembatan sangat memprihatinkan. Penahan jembatan yang berada di sisi selatan  berupa tembok ambruk. Sehingga, besi penahan sepanjang 1 meter yang berada di atasnya pun hampir patah.

Tak ayal,  kondisi ini jadi perhatian warga setempat. Ambrolnya penahan jembatan itu, diperkirakan terjadi lantaran ada kendaraan yang menabrak.  Salah seorang warga setempat,  Arifin mengatakan, penahan jembatan Buk Wedi ambrol karena ditabrak sebuah mobil  beberapa waktu lalu.

Loading...

Sebagai pengendara yang sering  melintas di sana, ia berharap  agar jembatan tersebut segera  diperbaiki. Pasalnya, banyak anak kecil dan warga yang melintas.  Dikhawatirkan, kondisi tersebut  dapat makan korban.  “Banyak warga yang sering lalu lalang di jembatan tersebut.  Kalau tidak ada penanganan  segera dari dinas terkait, bisa makan korban. Apalagi, di sini  juga banyak anak kecil,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan Agus Fajar memastikan ambrolnya penahan jembatan Buk Wedi tersebut disebabkan ditabrak kendaraan. Namun, pihaknya tidak bisa melakukan perbaikan karena  jembatan tersebut bukan kewenangan pemkot.

Menurutnya, jembatan tersebut adalah kewenangan Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BB- PJN) VIII, sebab berada di jalur nasional. Namun, ia berjanji pihaknya akan memfasilitasi permintaan warga agar jembatan  tersebut segera  diperbaiki.

“Jembatan Buk Wedi itu kewenangan BBPJN VIII, sebab  berada di jalur nasional. Namun, kami tidak  akan tinggal diam.  Kami akan mengirim surat pada  BBPJN VIII agar jembatan tersebut segera diperbaiki,” terang  Agus. (radar)