Browse By

28 Guru PNS Masih Belum S-1

PURWOREJO – Belum semua guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Pasuruan sudah  bersertifikasi sarjana (S-1). Sebanyak 28  guru dari total 891 guru PNS, masih berijazah diploma II (D-2).

Berdasarkan catatan dari Dinas P dan  K, 28 guru masih berijazah D-2. Ke-28 guru ini adalah guru PNS yang diangkat pada 2010 lalu dan masuk melalui K-1. Meski sudah berstatus sebagai guru, mereka tetap wajib memiliki ijazah S-1.

Kabid Tenaga Kependidikan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K)  Kota Pasuruan Suwono mengatakan,  total guru PNS di Kota Pasuruan mencapai 891 guru. Namun, belum semua guru  PNS sudah memiliki ijazah S-1.

Loading...

“Ini, berdasarkan Permenpan Nomor 16 Tahun 2009 dan UU guru dan dosen  ta hun 2014 tentang Guru dan Dosen.  Dalam kedua peraturan tersebut, dijelaskan guru mulai tingkat dasar hingga menengah  harus sarjana,” kata Suwono.

Suwono merinci, ke-28 guru tersebut adalah  18 guru kelas, 6 guru agama, dan 3 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.  Namun, ia memastikan, hal ini tidak menjadi masalah lantaran mereka saat ini sedang  menempuh gelar sarjana.

Suwono menuturkan, perlunya guru PNS berstatus S-1 bukannya tanpa alasan. Selain memenuhi kualifikasi, guru S-1 dapat meningkatkan kompetensi siswa dan meningkatkan daya saing lembaga tersebut.

“Sejauh ini, hanya tersisa 28 guru yang belum sarjana. Untuk angkatan lama,  saya pastikan semua sudah sarjana. Namun, ke-28 guru tersebut sekarang sedang menempuh pendidikan S-1,” terang Suwono. (radar)