Browse By

Nasib Stadion Kraksaan Makin Memprihatinkan

KRAKSAAN – Nasib Stadion Gelora Merdeka Kraksaan yang merupakan stadion satu-satunya di Kabupaten Probolinggo, makin memprihatinkan. Akibatnya, hampir dipastikan tidak ada aktivitas olahraga di dalam stadion ini.

Dari pantauan Jawa Pos Radar  Bromo, semua pintu gerbang stadion terkunci. Begitu juga  dengan pintu gerbang sisi timur  stadion yang rusak. Di atas pintu gerbang itu terpasang dua seng untuk menutup stadion.  Di bagian dalam, makin memprihatinkan.

Lapangannya seakan  tak tampak karena dipenuhi  rumput yang lebih pas disebut semak belukar. Rumput stadion ini tampak tinggi akibat lama  tak dipotong. Begitu juga dengan tribun penonton juga tak terawat. Tak ayal, kondisi ini mengundang  perhatian warga, termasuk anggota DPRD.

Loading...

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Muhammad Yasin  mengatakan, stadion Gelora Merdeka Kraksaan, itu seharusnya digunakan sesuai keperuntukannya. Karenanya, perlu dilakukan perawatan berkala supaya tetap  bisa dimanfaatkan untuk kegiatan  olahraga.

“Rumput di dalam stadion itu sampai tinggi-tinggi karena lama tidak dirawat. Jadi, pelaku olahraga tidak berkenan untuk menggunakan fasilitas stadion itu. Karena,  memang kondisinya tidak layak dan tidak standar,” katanya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Sidiq Widjanarko mengatakan, pengelolaan  Stadion Gelora Merdeka Kraksaan,  tidak lagi di Dispora Parbud. Tapi, sejak tahun kemarin menjadi  wewenang Perusda Rengganis.

“Stadion dan gedung Sasana Krida itu dikelola Perusahaan Daerah,” ujarnya.  Disinggung soal kondisi stadion yang makin terbengkalai, Sidiq tidak menampik. Katanya, dulu  ada upaya membenahi stadion dengan mengajukan dana bantuan ke Kementerian Pemuda  dan Olahraga. Tapi, sejauh ini  belum terealisasi.

“Kalau stadion itu standar dan layak, pasti saat sepak bola Liga Nusantra, Persekabpro digelar di Kraksaan. Karena kondisinya tidak standar,  mungkin saja PSSI Kabupaten  Probolinggo menyewa lapangan  di stadion Kota Probolinggo,” ujarnya.

Sedangkan, Direktur Perusda  Rengganis Gandhi Hartoyo belum berhasil dikonfirmasi. Nomor  selulernya tak kunjung aktif ketika  dihubungi Jawa Pos Radar Bromo, kemarin. (radar)

Incoming search terms:

  • stadion kraksaan probolinggo
  • stadion kraksaan
  • stadion terbaik probolinggo