Browse By

Ban Meletus, Truk Tabrak Vios

REJOSO – Peristiwa kecelakaan kembali terjadi di jalur Pasuruan-Probolinggo, tepatnya di jalan raya rejoso tadi malam.  Sebuah truk menabrak sedan di Desa Rejoso Lor. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Hanya saja kecelakaan menyebabkan lalu lintas merambat selama  beberapa jam. Kecelakaan tersebut bermula saat sebuah  truk dengan nopol N 8700 HR yang dikemudikan oleh Sahab, 52, warga  Kecamatan Wonoasih Probolinggo melaju  dari arah Probolinggo-Pasuruan.

Sesampainya di lokasi kejadian, tanpa diduga ban depan sisi kanan truk meletus.  Kontan saja, kendali truk muatan kayu itu menjadi tak terarah  hingga oleng ke arah jalur berlawanan. “Sewaktu meletus,  truknya langsung oleng dan saya  tidak bisa mengendalikan truknya, karena memang sudah tidak seimbang,” terang Sahab.

Loading...

Sementara itu, dari arah berlawanan melaju sebuah sedan Toyota Vios dengan nopol putih  P 1859 X milik Andi, 30, warga  Kecamatan Gumuk Mas, Kabupaten Jember. Andi melajukan kendaraannya yang masih baru  itu dengan kecepatan sedang.

Petang itu, ia tengah dalam perjalanan pulang dari Surabaya  dengan membawa serta seorang  istri dan kedua anaknya. Sebelum kecelakan itu terjadi,  ia bahkan sudah mengetahui  meletusnya ban truk tersebut.

“Melihat truknya oleng, saya  langsung berusaha menghindar  dengan memotong kemudi ke  lajur kiri yang memang terlihat sepi di spion,” ujarnya.  Namun upaya itu sia-sia, kecelakaan pun tak terhindari. Untung saja, tak ada korban jiwa dalam  kecelakaan tersebut. Bahkan, ke tiga penumpang yang berada di dalam mobil sedan itu, juga tak mengalami luka yang berarti.

Hanya saja, seorang istri Andi dan kedua anaknya mengalami shock akibat kecelakaan itu.  Akibatnya, kedua kendaraan  yang terlibat kecelakaan, mengalami kerusakan meterial.  Pada truk, kerusakan tampak pada bagian depan. Sementara  pada sedan, kerusakan parah  terlihat pada hampir seluruh  badan mobil. Hingga ujung depan, samping, hingga bagian belakang sedan terlihat ringsek.  

Tak berselang lama, sejumlah petugas Unit Laka Satlantas Polres Pasuruan Kota mendatangi lokasi kejadian guna melakukan olah TKP. Kanit Laka Lantas Polres Pasuruan Kota, Ipda Heri Purnomo mengatakan, kecelakaan tersebut  diduga lantaran kondisi ban truk  yang memang kurang layak.  

“Setelah dicek petugas, bannya memang sudah tipis, sepertinya  sopir memaksakan berangkat tadi,” katanya.  Kondisi lalu lintas pun sempat  terganggu akibat kecelakaan tersebut. Hingga pukul 20.25, kemacetan berangsur mengular diperkirakan hingga sepanjang 2,5 kilometer. Kendaraan yang melintas di kedua jalur tersebut juga  terus merambat. (radar)