Browse By

As Roda Patah, Truk Nyaris Timpa Rumah

REJOSO – Sebuah rumah di pinggir Jalur Pantura Pasuruan-Probolinggo, Jalan Raya Arjosari, Kecamatan Rejoso, Kabupaten  Pasuruan, nyaris tertimbun bata ringan. Itu  setelah terjadi kecelakaan tunggal truk bermuatan bata ringan, kemarin sekitar pukul  06.00 WIB.

Syukur, truk yang terguling karena as rodanya patah itu tak terlalu ke pinggir. Sekitar satu  meter dari rumah warga, truk yang dikemudikan Rofii, 61, warga Desa Bambe,  Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, ini “menumpahkan” muatannya.

Rofii mengatakan, pagi itu kondisi lalu  lintas masih lengang. Pihaknya, melintas di jalur ini untuk mengantarkan bata ringan ke Banyuwangi. Sesampai di tempat kejadian  perkara (TKP), mendadak as roda belakang sisi kiri truknya patah.

Loading...

Tak ayal, kondisi ini menyebabkan truknya  hilang kendali dan kemudian terguling setelah  terseret sepanjang 5 meter. Posisi truk yang  terguling ini tepat berada di bahu jalan. Serta, nyaris menimbun sebuah gerobak dan rumah  warga. Jarak antara truk dan rumah inipun  hanya tersisa sekitar 1 meter.

 “Sewaktu asnya patah, truknya sempat  terseret sebelum terguling. Saya di dalam sempat gulung-gulung mengikuti posisi  truk yang mau terguling itu. Untung tidak  ada korban,” ujar Rofii. Tak lama kemduian, sejumlah petugas  Unit Laka Lantas Polres Pasuruan Kota men- datangi TKP. Sebuah truk milik perusahaan  tempat Rofii bekerja juga didatangkan untuk  mengoper muatannya.

“Karena khawatir kirimannya terlambat, jadi lebih baik dioper,”  ujar Rofii.  Selain itu, sebuah mobil derek juga diperbantukan untuk mengevakuasi truk hingga kembali ke posisi semula.

“Kami  hanya melakukan olah TKP dan memantau untuk mengevakuasi muatan dan truk dengan mendatangkan mobil derek. Kondisi lalu lintas tidak terganggu, karena badan truk terguling di bahu jalan,” ujar Kanit Laka  Lan tas Polres Pasuruan Kota, Ipda Heri Purnomo. (radar)