Browse By

5 CJH Resmi Mengundurkan Diri

PANGGUNGREJO – Sejuah ini tercatat ada 70 Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Pasuruan, yang sudah melapor mengundurkan diri atau tidak  berangkat tahun ini. Namun, sampai akhir Maret 2017, baru ada 5 CJH yang  secara resmi mengirimkan surat  pengunduran diri ke Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah  Kemenag Kabupaten Pasuruan Imron Muhadi mengatakan, sampai akhir Maret memang tercatat sudah ada 70 CJH yang  melaporkan ke masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA) untuk tidak  berangkat tahun ini. KUA juga sudah melaporkan data ini ke Kemenag.

“Memang dari 70 CJH itu masih  laporan lisan ke KUA. Setelah kami  data, sampai akhir Maret sudah ada 70 CJH yang melapor akan mengundurkan diri berangkat haji tahun ini,”  ujarnya. Alasan pengajuan pengunduran diri  ini ada berbagai alasan.

Loading...

Selain karena faktor kesehatan, ada juga yang karena masalah keuangan. Sehingga, memilih menunda keberangkatan. Namun, Kemenag masih meminta kepastian  dari CJH yang benar-benar ingin menunda keberangkatannya berhaji  tahun in .

Agar kuota yang kosong  nantinya bisa terisi dengan CJH yang masuk daftar tunggu. Sedangkan, sampai akhir bulan  kemarin, baru ada 5 CJH yang sudah  mengirimkan surat pengunduran diri secara resmi ke Kemenang. Karenanya,  mereka langsung ditunda sebagai CJH  yang akan berangkat tahun depan.

Diketahui, tahun ini di Kabupaten  Pasuruan, dijadwalkan ada 1.317 CJH  yang akan berangkat tahun ini. Namun,  dari jumlah itu ada 70 orang yang  mengaku akan menunda keberangkatannya. Namun, sejauh ini baru  5 orang yang telah menyatakan mengundurkan diri dengan mengirim  surat resmi ke Kemenag. Sedangkan,  65 CJH lainnya masih belum ada surat  secara resmi.

“Batasnya sampai pelunasan biaya haji yang diperkirakan pertengahan April ini. Kalau CJH tidak melunasi, berarti dipastikan tidak berangkat tahun ini dan langsung dialihkan ke tahun berikutnya,” ujar Imron. (radar)