Browse By

Polisi Bekuk Terduga Pelaku Curas

KADEMANGAN – Kedapatan membawa senjata tajam (sajam), Santoso, 34, warga Dusun Genukan, Desa Sumberdawesari,  Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan,  di ciduk anggota Polsek Kademangan, Kamis (30/3).

Dia terduga pelaku curas  yang masuk ke wilayah Probolinggo. Pelaku diciduk pukul 12.00 di Jalan Brantas, Kota Probolinggo. Penangkapan pelaku  bermula saat petugas Unit Reskrim Polsek  Kademangan melakukan Kring Serse untuk mengantisipasi curanmor, curas, dan curat  (3C) di wilayahnya.

Saat itu ada informasi pergerakan dua pelaku curas dari Grati, Kabupaten Pasuruan. Keduanya masuk ke wilayah Probolinggo dengan mengendarai  motor Honda Beat warna Hitam Nopol N 4324 TAJ.  Pelaku kemudian melewati Jalan Brantas, Kelurahan/Kecamatan Kademangan. Petugas yang sudah siap, langsung   menghadang.

Loading...

“Saat itu petugas hendak memeriksa apakah benar informasi yang didapat,” terang Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Djumadi saat pers rilis di Mapolsek Kademangan,  kemarin (31/3).  Namun, pelaku langsung kabur dengan menancap gas sekuat mungkin.

Beruntung,  anggota langsung menarik motor pelaku  dari belakang. Motor pelaku pun oleng  dan jatuh. Namun, satu pelaku berinisial  ST yang menyetir, langsung memperbaiki  posisi motor dan lari ke selatan. Melihat rekannya lari, pelaku yang terjatuh langsung berdiri dan berusaha membonceng rekannya. Namun, tidak  berhasil.

Merasa terancam, pelaku mengeluarkan celurit yang diselipkan di pinggangnya. Serentak petugas mundur dan memberikan tembakan peringatan ke atas.  Namun, pelaku tetap mengancam dengan  celurit. Akhirnya, petugas memberikan  tembakan peringatan kedua dengan sasaran ke tanah.

Baru pelaku menyerah dan melemparkan celurit yang ia pegang. Setelah di geledah, ditemukan sejumlah barang  bukti yang diduga untuk melakukan tindak  kejahatan. Antara lain, sebuah gagang  kunci T, tiga buah kunci sepeda motor,  dan 11 anak kunci T di saku tersangka.

“Satu pelaku berinisial ST adalah warga Dusun Sumberrejo, Desa Banyubiru, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Dia melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor,” tuturnya.

Kapolsek Kademangan Kompol Kasman menambahkan, diduga pelaku akan melakukan kejahatan curas atau curanmor di kota. Kini, pelaku terancam pasal 2 ayat ayat (1) UU Darurat Nomor 12 dengan kurungan penjara paling lama 10 tahun. (radar)