Browse By

BOS SD-SMP Cair 20 Persen

KRAKSAAN – Dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan pertama untuk lembaga SD-SMP di Kabupaten Probolinggo, akhirnya cair. Namun,  Pemerintah Pusat hanya mencairkan 20 persen  dari total pagu dana BOS yang diperoleh.

Hal itu tersampaikan saat sosialisasi petunjuk teknis  (juknis) dana BOS SD-SMP Kabupaten Probolinggo, di ruang pertemuan Tengger, kantor Bupati Probolinggo  di Kraksaan. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik)  Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan,  dana BOS untuk SD-SMP sudah cair, tanggal 29 dan  30 Maret 2017.

Sesuai ketentuan dari pusat, dana  BOS itu dicairkan sebanyak 20 persen dari jumlah total untuk triwulan pertama. ”Nantinya, dana BOS itu dicairkan empat kali dalam setahun. Triwulan pertama yang dicairkan dari pusat 20 persen,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo, kemarin (29/3).

Loading...

Kabupaten Probolinggo sendiri, mendapat dana BOS sekitar Rp 33 miliar, untuk 197 lembaga SMP. Sedangkan lembaga SD, mendapat jatah total Rp 64 miliar untuk 636 lembaga Negeri/Swasta. Selanjutnya, menurut Dewi, pihak sekolah diminta  segera membuat rencana kegiatan anggaran  sekolah (RKAS).

Bahkan, ditargetkan pekan pertama bulan April, RKAS itu sudah terkumpul di Dispendik.  Sebab, RKAS itu akan menjadi rencana kegiatan anggaran (RKA) Dispendik yang kemudian dimasukkan dalam tim anggaran daerah.

”Jadi, sekolah harus membuat RKAS dalam setahun ini, secepat mungkin. Paling lambat,  pekan pertama bulan April sudah harus terkumpul.  Karena akan segera dibahas oleh tim anggarah   daerah,” terangnya. Sementara itu, penggunaan dana BOS tahun ini juga mengalami sejumlah perubahan.

Berdasarkan juknis yang ada, perubahan yang paling menonjol adalah peruntukan dana BOS. Sebelumnya, dana BOS digunakan untuk 13 komponen. Namun, tahun ini berubah menjadi  11 komponen.

”Yang dihapus itu, komponen beasiswa siswa miskin dan pembelian ATK. Jadi,  dana BOS tidak boleh dipakai untuk beasiswa  siswa miskin. Kemudian pembelian ATK itu dulunya berupa komponen, sekarang berubah menjadi  sub komponen,” terangnya. (radar)