Browse By

Liburan, Wisatawan Pulau Gili Membeludak

GILI – Libur Hari Raya Nyepi kemarin (28/3)  berdampak positif pada sejumlah tempat wisata. Salah satunya wisata selam atau  snorkeling yang ada di Pulau Gili. Terbukti, wisatawan yang datang untuk menikmati  indahnya terumbu karang itu meningkat  hingga 300 persen.

Biasanya, di hari normal hanya ada 200-an pengunjung, kemarin mencapai 600 orang. Hal itu diungkapkan Huzaini Romli, 37,  salah satu penyedia wisata selam. Sedikitnya,  ada 5 penyedia wisata selam di pulau yang   masuk wilayah Kecamatan Sumberasih  tersebut.

“Ada sekitar lima kelompok yang  juga menyediakan jasa snorkeling. Punya saya saja, ada sekitar 130-an orang dalam sehari,”  terangnya. Mayoritas pengunjung yang datang ke pulau tersebut, berasal dari luar daerah. Seperti Pasuruan, Malang, Surabaya,termasuk warga Probolinggo sendiri.

Loading...

Saat ini, pengelola wisata tersebut dilakukan oleh penduduk lokal. “Tidak ada pemasukan pada desa maupun pemerintah daerah. Untuk saat ini, dikelola  warga sendiri. Memang sengaja demikian (tanpa pengelolaan  desa), yang terpenting snorkeling  maju dulu. Toh, juga berpengaruh pada perekonomian warga  Gili,” terang Kepala Desa Gili   Ketapang Suparyono.

Berwisata ke Pulau Gili, tak hanya menikmati snorkeling  saja. Destiansi wisata lainnya seperti Gua Kucing, pasir putih, sampai kuliner laut juga bisa  dinikmati di pulau dengan luas  61 hektare tersebut. Pihak desa sendiri menerapkan sejumlah kebijakan agar pengelolaan wisata dan konservasi  bawah laut lebih terjaga. Yakni, dengan melarang kapal menjaring ikan di tepi pulau gili.

Pemerintah desa setempat juga berharap, agar pemkab juga  memberikan sentuhannya untuk  memajukan wisata di Gili. “Jika ada fasilitas penyebarangan seperti jembatan, maka  akan lebih bagus. Dengan begitu, akses semakin mudah dan  upaya meningkatkan perekonomian warga semakin cepat,” terang Kades. (radar)

Incoming search terms:

  • gili ketapang
  • radar bromo berita gili ketapang