Browse By

Proyek Jembatan Wonolangan Ditarget Rampung Akhir Tahun

DRINGU – Sempat terhambat dengan pembebasan lahan, proyek pembangunan jembatan Wonolangan kini mulai tampak. Pemerintah  pusat sudah mengalokasikan anggaran berkisar Rp 16 miliar untuk pembangunan jembatan tersebut.

Di tahun ini pembangunannya ditarget rampung. Proses pembebasan lahan yang terkena dampak pembangunan   jembatan itu juga sudah tuntas. Begitu tuntas, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan nasional  wi layah Probolinggo-Situbondo langsung menyusun rencana pelaksanaan pembangunan.

David Mulyanto selaku PPK Jalan Nasional wilayah Probolinggo-Situbondo saat dikonfirmasi mengatakan, tahapan persiapan pembangunan jembatan baru Wonolangan memasuki tahap baru. ”Pembebasan lahannya sudah tuntas semua. Jadi, pembangunan jembatan Wonolangan itu bisa dikerjakan,” katanya kepada Jawa pos Radar  Bromo, kemarin.

Loading...

David menjelaskan, pekerjaan ini termasuk pembangunan jembatan baru. Sebab, jembatan lama dibiarkan tidak dirusak, pihaknya akan membangun konstruksi jembatan baru di sisi utara jembatan lama. Diperkirakan  panjang jembatan berkisar 40   meter dengan lebar berkisar 17,5 meter. Lahan yang terkena atau  terlewati proyek jembatan itu   sudah dibebaskan.

”Anggaran sudah disiapkan oleh pemerintah pusat berkisar Rp 16 miliar,” terangnya. Saat ditanya, pembangunan jembatan tengah menunggu apa, David mengaku, saat ini masih tahap proses lelang. Sebab, pengerjaan fisik jembatan tersebut akan dikerjakan oleh pihak ketiga atau rekanan. Setelah tahap proses lelang selesai dan sudah ada  pemenangnya. Maka, pembangunan jembatan tersebut sudah bisa dilakukan.

”Pembagunan jembatan ini ditargetkan selesai akhir tahun ini,” terangnya. Pantauan Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, jembatan yang terletak di sisi timur Pabrik Gula (PG) Wonolangan Dringu itu sudah butuh perbaikan. (radar)