Browse By

Dana BOS Cair Pekan Depan

KRAKSAAN – Sejumlah sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Probolinggo, hanya bisa berharap  dana bantuan operasional sekolah  (BOS) triwulan pertama tahun  ini bisa segera cair.

Maklum, menjelang akhir triwulan pertama, belum ada kepastian kapan dana bantuan itu akan cair. Padahal, dana BOS menjadi tumpuan sejumlah sekolah untuk belanja operasional sekolah serta pemberian honor bagi guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap (GTT-PTT). Karena BOS tak cair, para GTT-PTT itu juga belum  bisa gajian.

Dari data yang diperoleh Jawa Pos Radar Bromo, Kabupaten Probolinggo mendapatkan jatah  dana BOS sekitar Rp 33 miliar un tuk 197 lembaga tingkat SMP.  Sedangkan, lembaga tingkat SD   mendapatkan jatah sekitar Rp 64 miliar untuk 636 lembaga SD negeri-swasta. Tapi, sejauh ini pencairannya belum ada kepastian.

Loading...

“Biasanya bulan Februari dana  BOS itu sudah cair untuk bulan Januari. Tapi, sampai mau akhir Maret belum cair juga,” ujar salah seorang kepala SMP di Kabupaten  Probolinggo, yang enggan disebutkan namanya. Menurutnya, adanya dana BOS sangat penting  untuk operasional sekolah.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui   Kabid TK-SD Fathur Rozi membenarkan belum cairnya dana BOS tahun ini. Katanya, ada perubahan petunjuk teknis (juknis) dalam penggunaan dana BOS.

“Memang belum cair. Rencananya, tanggal 29 Maret nanti kami akan  sosialisasikan tentang juknis dana BOS ini,” ujarnya.  Rozi mengaku, pihaknya menerima informasi, dana BOS itu baru akan dicairkan oleh Pemerintah Pusat ke Pemprov, Kamis (23/3). Sehingga, dimungkinkan pekan depan atau saat juknis  dana BOS disosialisasikan, bisa dicairkan.

“Doakan saja minggu  depan dana BOS itu sudah dicairkan oleh Provinsi ke rekening  lembaga sekolah,” ujarnya. Disinggung soal perubahan juknis penggunaan dana BOS, Rozi mengaku tidak dapat menjabarkan secara detail. Tapi, perubahan yang paling utama ada  pada perencanaan dan laporan  penggunaan BOS.

Tahun ini, laporan itu dilakukan langsung ke pada pemerintah daerah. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebelumnya, perencanaan dan laporannya ke Pemprov Jatim. Itu, sesuai surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal Penggunaan Dana BOS.

”Kalau pencairannya tetap dari provinsi ke rekening lembaga sekolah,” ujarnya. (radar))

Incoming search terms:

  • bokep anak bos