Browse By

BPIH 2017 Naik Rp 250 Ribu

MAYANGAN – Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini dipastikan naik dari tahun lalu. Kenaikan BPIH tahun ini berada di angka Rp 250 ribu. Jika tahun lalu BPIH diputuskan di angka Rp 34.641.304,  tahun ini besaran biaya haji mencapai Rp 34.890.312. Hal itu disampaikan anggota Komisi VIII  DPR RI, Hasan Aminuddin.

“Tahun ini ada kenaikan, tentu kenaikan ini juga berdampak pada fasilitas yang diterima jamaah,” ujar mantan bupati Probolinggo  2 periode ini, pada Jawa Pos Radar Bromo tadi malam.  Di antara tambahan fasilitas yang   didapat calon jamaah haji (CHJ), saat di makkah biasanya hanya mendapat  makan 10 hari. Tahun ini, fasilitas makan  di Makkah ditambah menjadi 24 hari.

Sehari CJH mendapat fasilitas makan  2 kali. Selain itu, tenda jamaah di Arafah  akan diperbarui dengan yang tahan   panas. Hasan yang merupakan politisi Partai  Nasdem itu mengatakan, keputusan resmi soal besaran BPIH tahun ini, baru akan  disampaikan hari ini (24/3) oleh Presiden Joko Widodo.

Loading...

“Besok masih diplenokan di Komisi VIII  dengan Kementerian Agama (Kemenag, Red). Baru setelah itu dilaporkan ke presiden,” jelasnya.

Hanya saja, Hasan belum mendapat kabar tenggat waktu pelunasan oleh CJH. Ia berharap, jamaah haji di Kabupaten  Probolinggo tak ada yang mengundurkan diri. Sebab, jika ada jamaah yang mengundurkan diri, otomatis jatahnya akan  kembali ke Kemenag Pusat. (radar)