Browse By

Videotron Belum Berfungsi Maksimal

KRAKSAAN – Sejak di bangun pada 2015, videotron di Alun-alun Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, rupanya belum dimanfaatkan secara maksimal. Sejak difungsikan sekitar awal 2017, videotron hanya menyala mulai sore hingga malam serta  pagi.

Bila siang dipastikan padam. Sejatinya, videotron berfungsi mempromosikan  atau menyosialisasikan Pemkab Probolinggo. Namun, dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo,  bila siang videotron ini tak berfungsi. Sarana  promosi ini hanya menyala mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Serta, pukul 06.30  WIB sampai 7.30 WIB.

“Videotron itu hanya hidup ketika malam hari.  Padahal, pagi sampai siang hari begini banyak warga yang di Alun-alun Kraksaan dan arus lalu lintas  juga ramai,” ujar salah satu warga Kecamatan Pajarakan,  Tauhid di Alun-Alun Kota Kraksaan, kemarin.

Loading...

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten  Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan, videotron itu memang tidak dinyalakan ketika siang.  Sebab, ketika dinyalakan pada siang hari, gambar dalam videotron yang menghadap ke selatan itu  tidak tampak. Diduga, ini karena kalah terang dengan sinar matahari.

Sedangkan bila sore dan malam hari,  visual dalam videotron itu sangat tampak. Sehingga, pihaknya memutuskan hanya menfungsikannya pada sore sampai malam. “Kalau sekarang (siang) memang tidak dihidupkan. Karena percuma kalau dihidupkan,  visualnya tidak kelihatan. Jadi, kami setting menyala mulai pukul 16.00 sampai pukul 22.00 WIB. Kemudian,  di pagi pukul 06.30 sampai 07.30 WIB,” jelasnya.

Namun, Tutug mengaku, pihaknya masih mencari  solusi untuk bisa pemanfaatan videotron ini selama  24 jam. Namun, sejauh ini masih difungsikan mulai sore sampai malam. Sebab, saat sore sampai  malam jauh pengunjung alun-alun lebih banyak dibanding siang. “Nanti bisa dicoba setting  24 jam, kalau memungkinkan,” ujarnya. (radar)