Browse By

Pembangunan MAN IC Bisa Lebih Cepat

GRATI – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus mematangkan rencana pembangunan  gedung Madrasah Insan Cendekia  (MAN IC) di Kabupaten Pasuruan. Kemenag Kabupaten Pasuruan optimistis tahap awal pembangunan bisa lebih cepat yaitu bulan Mei jika proses lelang bisa berjalan lancar.

Untuk proses lelang tersebut, Kemenag Kabupaten Pasuruan menggandeng Kemenag Provinsi Jatim. Ini, lantaran kantor wilayah  sudah memiliki lembaga yang bisa melakukan lelang atau tender. Bulan lalu, Rencana Umum Pengadaan (RUP) sudah dilakukan dan artinya, dalam waktu  dekat bakal ada pemenangnya.

Muhammad As’adul Anam,  kepala Kemenag Kabupaten  Pasuruan mengatakan, untuk  proses lelang memang langsung menjadi wewenang Kemenag Kanwil Provinsi Jawa Timur. Kendati begitu, tetap ada komunikasi dengan Kemenag Kabupaten Pasuruan.

Loading...

“Untuk proses lelang panitia semua langsung dari Kemenag  Provinsi Jawa Timur. Namun, progres dari lelang tetap dikabarkan karena tetap ada komunikasi dengan Kemenag Kabupaten Pasuruan,” ungkapnya.

Diperkirakan proses lelang baru akan dimulai pada akhir bulan Maret ini. Jika proses lelang berjalan lancar, diperkirakan dalam tempo 1-1,5 bulan lelang bisa selesai. Dengan perkiraan itu, Anam yakin pembangunan tahap awal MAN IC di  Kabupaten Pasuruan juga bisa  lebih cepat dibandingkan jadwal awal dulu.

Anam menambahkan, diprediksi peletakkan batu pertama  atau groundbreaking ditarget  bisa dilakukan pada pertengahan tahun 2017 atau sekitar bulan  Juli-Agustus. “Kalau lelang bisa selesai 1,5 bulan, maka pada Mei atau Juni sudah bisa dilakukan  tahap awal dan ini lebih cepat  dari perkiraan dulu,” ujarnya.

Untuk pembangunan tahap  awal MAN IC sendiri, Kemenag sudah menyediakan dana sebesar Rp 3,5 miliar dari Kementetrian Agama Pusat. Untuk pembangunannya sendiri, tetap  akan berdiri di lahan Desa Kedawung Wetan, Kecamatan  Grati, Kabupaten Pasuruan.

Lahan seluas 10 hektare adalah hibah dari Pemkab Pasuruan untuk pembangunan MAN IC. Sebagian lokasi di Kedawung Wetan juga sudah diuruk tanah. Pemkab juga sudah melengkapi hibah lahan seluas 10 hektare. (radar)