Browse By

Pantai Duta Terus Berbenah

Siapkan Wisata Edukasi Pembibitan Mangrove

PAITON – Wisatawan yang selama ini sering berkunjung ke Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, sepertinya akan makin betah. Sebab, fasilitas pantai  yang dikenal dengan hutan mengrovenya ini, terus dibenahi dan ditambah.

Kini, pihak pengelola sedang membangun sejumlah fasilitas anyar. Mulai dari wooden deck, menara pantau, aula, rumah kelompok, perpustakaan, kesekretariatan, sampai penambahan MCK. Sejumlah fasilitas ini dibangun dengan anggaran Rp 2,8 miliar.

Loading...

Pengelola Pantai Duta Paiton Abd. Aziz mengatakan, pihaknya sangat antusias untuk terus mengembangkan  Pantai Duta. Apalagi, tahun ini pihaknya  mendapatkan bantuan dana Rp 2,8  miliar dari sebuah perusahaan di Paiton.

“Dari dana itu, Rp 1,5 miliar untuk  pembangunan wooden deck,” ujarnya. Ke depan, fasilitas Pantai Duta juga akan dilengkapi dengan wisata edukasi  berupa pembibitan mangrove terpadu.  Serta, akan disiapkan kano dan warung  apung.

“Pembibitan mangrove terpadu itu semacam laboratorium. Semua sektor berjalan untuk memajukan Pantai Duta. Baik pemerintah desa, masyarakat,  semua terlibat untuk pemberdayaan desa ini,” ujar pria yang juga ketua LKD  Randutatah itu.

Sedangkan, Kepala Desa Randutatah  Umi Kulsum mengatakan, sejumlah fasilitas penunjang di Pantai Duta masih terus dikembangkan. Termasuk, adanya  anjungan yang nantinya diharapkan  dapat makin mengundang minat wisatawan.

“Sekarang masih dibangun oleh kontraktor. Kalau sudah selesai, nanti pengelolaannya diserahkan ke kelompok pengelola,” ujarnya. Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporparbud) Kabupaten Probolinggo  M. Sidik Widjanarko mengaku, telah  mengetahui adanya kegiatan pembangun   sejumlah fasilitas di Pantai Duta. Namun,  semua itu dilakukan dengan dana program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Namun, secara mendalam kami belum mengetahui perinciannya. Kami hanya mengetahui kegiatannya saja, ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • nama kepala desa randutatah
  • Pantai di kraksaan probolinggo