Browse By

Bubarkan Balap Liar, Amankan 10 Remaja

GRATI – Aksi balap liar kini tak hanya dilakukan di jalanan kota. Di pelosok jalan desa, aksi serupa juga sering ditemui. Buktinya, dini hari kemarin Polsek Grati harus membubarkan aksi balap liar di Desa Kebonrejo.

Sedikitnya, 10 remaja berhasil  diamankan karena mengendarai motor protolan. Mereka diamankan setelah  polisi melakukan razia di Desa Kebonrejo. Razia itu digelar usai polsek mendapatkan laporan dari warga setempat yang resah  lantaran aksi balap liar.

Aksi itu mengganggu warga sekitar.  Mendapat laporan, petugas  Polsek Grati kemudian mendatangi lokasi balap liar. Laporan  itu benar adanya. Sebab, saat  itu banyak pemotor yang berkumpul. Sebagian besar dari mereka menggunakan motor   protolan.

Loading...

Begitu tahu polisi datang, sebagian besar melarikan diri.  Mereka kabur ke jalan maupun  bersembunyi di rumah warga. “Namun, kami berhasil mengamankan sebagian,” beber AKP  Suyitno, kapolsek Grati. Terhitung sebanyak 10 remaja,  baik yang mengendarai motor  maupun yang berada di sekitar  lokasi balap liar, yang diamankan  petugas.

Sementara itu, ada empat unit motor yang turut diamankan sebagai barang  bukti.  Setelah itu, petugas membawa  serta ke Mapolsek Grati.  Kepada 10 remaja itu, petugas hanya memberikan sanksi ringan berupa teguran. Setelah itu,  seluruhnya diperbolehkan pulang.

Sementara itu, empat motor hingga kini masih dalam sitaan petugas.  Penyitaan itu, kata Suyitno, di karenakan kondisi motor yang  tidak sesuai standar. Sehingga, petugas menyita untuk sementara waktu, sampai pemiliknya  sanggup melengkapi motornya.

“Karena motornya protolan semua, pakai knalpot brong. Itu  kan mengganggu,” imbuhnya.   Menurut Suyitno, di kawasan tersebut memang seringkali dijadikan tempat bagi remaja setempat untuk melakukan balap liar. Terutama, ketika malam minggu.

Selain didasarkan keluhan warga,  pembubaran aksi balap liar itu  juga untuk mengantisipasi terjadinya perbuatan yang cenderung  negatif. (radar)