Browse By

Empat Anggota Polres Probolinggo Disanksi

Lantaran Senpinya Kotor

KRAKSAAN – Empat anggota Polres Probolinggo harus menerima sanksi push-up di halaman Mapolres, kemarin (13/3). Sebab, mereka diketahui tak hafal dengan lisensi senjata api (senpi)-nya. Di samping itu, senpi yang mereka miliki di ketahui kotor.

Dari data yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, dari 632 personel Polres  Probolinggo, ada 340 personel yang memiliki izin kepemilikan senpi. Baik itu  anggota di jajaran Polres maupun di 21 Polsek.

Loading...

Kemarin, ada 270 senpi yang diperiksa Unit Propam Polres Probolinggo. Hanya diperiksanya 270 senpi ini, karena yang lain lepas dinas. Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, pemeriksaan senpi ini dilakukan untuk penegakan disiplin terhadap anggota.

Kegiatan  ini rutin digelar untuk memastikan senpi  yang dipegang anggotanya dalam kondisi  baik dan tidak disalahgunakan. Ini juga sebagai tindak lanjut, kejadian  oknum anggota polisi yang sampai mengeluarkan tembakan pada warga sipil di  Kabupaten Jember.

“Pemeriksaan senpi pada anggota secara mendadak, rutin kami lakukan. Waktunya tidak kami tentukan. Sehingga, saat diperiksa tidak ada anggota  yang mengetahui sebelumnya,” ujarnya. Arman mengatakan, pemeriksaan senpi  kali ini dilakukan usai apel pagi.

“Dari seluruh senpi yang diperiksa, ternyata ada 4 senpi dalam kondisi kotor. Tapi, secara umum senpi yang ada itu masih dalam kondisi bagus dan layak pakai. Hanya kurang perawatan,” ujarnya. Disinggung soal adanya anggota yang harus disanksi langsung push-up, Arman  menegaskan, sanksi itu hanya teguran awal bagi anggota yang dianggap lalai.

Sebab, mereka tidak hafal lisensi atau nomor senpinya. Selain itu, mereka juga tidak merawat  senpi yang dimiliki dengan baik. Terbukti,  empat buah senpi itu kotor.  “Senpi itu layaknya istri sendiri. Kalau tidak hafal dengan nomor lisensi senpinya, bisa  bahaya. Apalagi, senpi kondisi kotor, rawan macet. Nanti, tetap ada tindakan sanksi lain  bagi anggota tadi,” ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • brita krimnal probolinggo