Browse By

Pabrik Mebel Terbakar, Kerugian Rp 20 Miliar

Sempat Terdengar Bunyi Ledakan

WONOREJO – Kebakaran hebat terjadi di PT Milenia Furniture Industries II, sebuah pabrik mebel di Jalan Raya Wonorejo, tepatnya di Desa Coban Blimbing, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, kemarin (10/3).

Akibat  kebakaran tersebut, kerugian di taksir mencapai Rp 20 miliar. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, kebakaran ter sebut terjadi sekira pukul 09.40. Saat itu, semua karyawan tengah bekerja. Tiba-tiba, kobaran api menyebar di ruangan tempat karyawan bekerja.

Loading...

Diduga, api berasal dari gudang finishing. Mesin pengering di gudang tersebut, ditengarai menjadi pemicu terjadinya kebakaran.  Anto, 33, salah seorang sopir di perusahaan tersebut mengatakan, ia bahkan sempat mendengar adanya suara ledakan yang berasal dari gudang.

Tak berselang lama, kepulan asap pekat membumbung tinggi. Mengetahui hal itu, ratusan karyawan yang panik, memilih menyelamatkan diri melalui jalur  evakuasi di belakang pabrik. Sementara karyawan lainnya, sibuk memindahkan puluhan drum yang berisi tiner. Itu, dilakukan guna menghindari semakin membesarnya si jago merah.  

Kobaran api yang terus menyebar, melahap seisi gudang dan sebuah truk yang difungsikan mengangkut barang produksi. Seorang karyawati bernama Anis Watin, dilaporkan menjadi  korban dalam peristiwa tersebut. 

Anis menderita luka bakar ringan pada bagian wajah dan tangan kanan yang melepuh. Korban kemudian dilarikan ke Puskesmas Wonorejo guna mendapatkan pertolongan medis.  Beruntung luka bakar yang dialami Anis tak begitu parah.

“Luka bakarnya hanya 5 persen, tidak begitu parah. Korban sudah bisa ditangani oleh petugas,”  kata Iswahyudi, salah seorang  perawat di puskesmas tersebut. Sementara itu, untuk memadamkan api yang terus merambat, empat mobil pemadam kebakaran diterjunkan.

Mulai dari BPBD Kabupaten dan Kota Pasuruan, serta sebuah mobil pemadam milik perusahaan. Pantauan Jawa Pos Radar  Bromo, sekira pukul 11.00, petugas berhasil memadamkan api dengan bantuan karyawan.

Selanjutnya, petugas melakukan pembasahan di seluruh bekas lokasi kebakaran. Itu, dilakukan guna menghindari sisa-sisa api yang memungkinkan dapat menyebar kembali. “Dugaan sementara terjadinya  kebakaran ini memang disebabkan dari mesin pengering yang ada di gudang finishing. Kemungkinan mengalami peningkatan suhu, sehingga mengeluarkan percikan api,” kata Kapolsek Wonorejo AKP Supriyadi.

Kebakaran yang terjadi di PT Milenia Furniture Industries bukan merupakan kali pertama.  Peristiwa kebakaran itu juga mengundang perhatian warga sekitar. Selain ingin mengetahui  kebakaran tersebut, sejumlah warga yang berada di lokasi tersebut juga mengaku penasaran  lantaran seringnya kebakaran yang terjadi di perusahaan mebel itu.

Solikhin, salah seorang warga mengatakan, perusahaan yang memiliki tiga cabang di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, itu memang sering terjadi kebakaran.  Hal senada disampaikan Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pasuruan Wasono Catur  Aldoko.

“Tahun 2016 kemarin sudah dua kali kebakaran. Terhitung tiga kali dengan sekarang,” katanya. Pihak manajemen pabrik enggan mengomentari peristiwa  tersebut. Bahkan, wartawan  koran ini tidak diperkenankan  masuk ke lokasi pabrik.

Sementara itu, Kapolsek Wonorejo AKP Supriyadi mengatakan, dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran tersebut,  disebabkan masalah teknis.  Namun, Kapolsek tak membeberkan masalah teknis yang dimaksud.

“Yang pasti, kebakaran memang rentan terjadi karena di pabrik itu menyimpan kayu  kering yang mudah terbakar.” AKP Supriyadi mengaku, saat ini pihaknya sudah menyampaikan laporan sementara pascakebakaran tersebut ke Polres Pasuruan.

Menurutnya, dalam  waktu dekat kemungkinan akan  dilakukan identifikasi oleh Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya. Selain itu, Kapolsek mengaku jika kerugian akibat kebakaranitu cukup besar. Yakni, mencapai  Rp 10 miliar. Angka itu diperkirakan dari gudang finishing beserta isinya, serta sebuah truk. (radar)

Incoming search terms:

  • ngentot ank sd susah masuk bkep indo
  • vidio bokep donlot memek anak sd