Browse By

Mei, Pasar Kebonagung Direhab

Digelontor Rp 890 Juta dari DAK

PURWOREJO – Wajah Pasar Kebonagung di Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, dipastikan akan semakin elok. Pasalnya, Pemkot Pasuruan berencana merevitalisasi pasar setempat tahun ini.

Total anggaran yang disiapkan bahkan besar, yakni mencapai Rp 890,5 juta. Revitalisasi pasar ini akan memakai dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Perdagangan. Sehingga, tidak membebani APBD Kota Pasuruan.

Loading...

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan  Muallif Arif mengatakan, akhir tahun 2016 lalu pihaknya mengajukan revitalisasi pasar Kebonagung pada pusat. Pengajuan  ini disetujui dan pemkot mendapat anggaran Rp 890,5 juta dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Perdagangan.

“Alhamdulillah, pengajuan kami diterima. Pemkot dapat Rp 900 juta dari pusat untuk  revitalisasi Pasar Kebonagung,” katanya.  Ia merinci anggaran ratusan juta rupiah  itu dialokasikan untuk pembiayaan fisik sebesar Rp 872,5 juta. Serta, sisanya sebesar  Rp 18 juta diperuntukkan pembiayaan pengawasan.

Menurutnya, revitalisasi pasar Kebonagung  bukannya tanpa alasan. Sebab, sejumlah fasilitas di pasar setempat dinilai sudah tidak layak. Sehingga, membutuhkan revitalisasi. Ia merinci perbaikan yang akan dilakukan oleh pemkot, di antaranya melebarkan  saluran air serta menutup saluran yang terbuka.

Sebab, selama ini pedagang kerap mengeluh karena saluran mampet  akibat limbah yang menumpuk. Lalu, mengganti meja pedagang yang berjualan daging menjadi keramik dan melebarkan los, mengganti bedak pedagang yang masih berupa kayu menjadi rolling door. Serta, mengganti lantai pasar  menjadi keramik, sebab selama ini selalu becek saat musim hujan.

“Tidak semua dipasang dengan lantai keramik. Kami masih menghitung lagi agar sesuai dengan anggaran yang tersedia,” jelas Ayik.  Ia mengaku, perbaikan paling cepat dilakukan pada awal Mei mendatang.  Pasalnya, pihaknya masih akan melakukan  proses lelang untuk menentukan pelaksana proyek. (radar)

Incoming search terms:

  • pasar bokeb