Browse By

Rute Menantang, Air Dingin dan Berhawa Sejuk

SELAIN rafting, kini tubing atau river tubing banyak digandrungi oleh pecinta olahraga ekstrem. Tidak terkecuali di Tretes, Kecamatan Prigen, yang dikenal  sebagai salah satu daerah tujuan wisatadi Kabupaten Pasuruan.

Memanfaatkan kali Rekesan diLingkungan Rekesan, Kelurahan/Kecamatan Prigen, kini tubing dikenalkan sebagai destinasi wisata baru. Para pengelolanya, yaitu para pemuda diLingkungan Rekesan. Tempat wisata tu bing dikembangkan.

Memang, saat ini belum banyak yang mengenal lokasi wisata anyar ini. Kecuali penduduk sekitar. Sebab, olahraga ekstrem ini baru dikembangkan sebulan terakhir di Rekesan. “Kami menyebutnya river tubing. Yakni, mengarungi sungai dengan menggunakan media ban dalam.

Loading...

Pengunjung yang menikmati wisata ini harus memakai pengaman khusus. Seperti helm dan jaket pelampung,”  terang Agus Supriono, ketua pemuda Lingkungan Rekesan. Ide menjadikan Kali Rekesan sebagai  sebuah destinasi wisata alam sejatinya sudah lama ada.

Namun, baru terealisasi satu bulan terakhir dengan mengembangkan tubing. Pengembangkan wisata ini dimulai dengan gotong royong membersihkan sungai Rekesan, tiga bulan lalu. Seluruh  pemuda dan warga di Lingkungan Rekesanikut bersih-bersih di sungai yang hulunya dari kaki Gunung Welirang ini.

“Awalnya kami bersihkan sampai benar- benar layak dimanfaatkan sebagai jalurtubing. Setelah itu, baru kami buka sebagai  satunya-satunya wisata tubing yang ada  di kawasan Tretes,” terangnya. Tempatnya berdekatan dengan destinasi wisata alam lainnya.

Seperti, air terjun  Pu tuk Truno dan Taman Kahya ngan.   Sehingga, pengunjung juga bisa ke wisata  alam lainnya, setelah dari sini. “Sejauh ini sudah banyak wisatawan  yang datang dan ber-tubing. Tak hanya warga di sekitaran Prigen, juga dari luar daerah. Paling ramai Sabtu dan Minggu,” cetusnya.

Untuk rutenya, Agus sapaan akrabnya menyebut, tak begitu panjang. Hanya sekitar 250 meter, mulai start hingga  finis.  Lokasinya berada di atas ketinggian 700 meter dari permukaan air laut (dpl). Di sepanjang tute itu ada sembilan gerojokan atau dump.

Lalu, di kanan dan kirinya aliran sungai, terdapat bebatuan. Baik besar dan kecil. Namun, Agus memastikan kondisinya aman. Baik untuk pengunjung dewasa, remaja, hinggaanak-anak usia sekolah dasar.  “Sebelum dimanfaatkan untuk  masyarakat umum, kami sudah uji coba untuk anak-anak hingga orang dewasa. Dan, Alhamdulillah sejauh ini aman,” lanjutnya.

Meskipun jarak tempuhnya hanya 250 meter, namun tantangannya tidak kalah dengan tubing  di lokasi lain. Sebab, arus kali Rekesan cukup deras. Khususnya  saat musim penghujan seperti  sekarang. Bahkan, saat memasuki musim kemarau pun, debit air  sungai Rekesan tetap memungkinkan untuk wisata tubing.

“Sensasinya luar biasa. Airnya jernih dan dingin, hawanya sejuk  karena daerah pegunungan. Tentunya sangat alami. Perlu dicoba bagi penyuka wisata adrenalin,”  tutur Septian, pemuda lain di Lingkungan Rekesan. Untuk menuju lokasi tubing  sendiri, aksesnya cukup mudah.

Jaraknya sekitar satu kilometer dari jalan kabupaten jurusan Pandaan–Prigen. Mobil dan motor   bisa masuk hingga lokasi. Karena akses jalan yang mudah dijangkau, wisata tubing ini mulai ramai. Apalagi, ada lahan parkir dan warung penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi.

“Untuk mencobanya tak perlu mahal. Cukup sewa ban Rp 5ribu yang disediakan oleh pengelola. Kami optimis ke depannya wisata ini bakal ramai dan menjadi bagian dari wisata alam unggulan di Tretes,” bebernya.

Di sisi lain, Pemerintah Kelurahan Prigen mendukung destinasi wisata alam river tubing ini.  Tak hanya membantu promosi  keluar, juga membantu dari segi pembiayaan operasional.  “Kami di pemerintahan kelurahan, sangat mendukung wisata alam river tubing ini. Kami  optimis, ke depan tubing akan   menjadi wisata alam andalan di Tretes. Khususnya Kelurahan  Prigen,” jelas Lurah Prigen Ruli   Anizar.

Pihaknya pun membantu pembiayaan atau anggaran sebagai  bentuk dukungan. Mengingat,  wisata ini baru dirintis. Sehingga, butuh dukungan dana dan promosi. (radar)

Incoming search terms:

  • rekesan river tubing
  • river tubing tretes
  • river tubing prigen
  • alamat rekesan river tubing
  • rekesan pandaan
  • tubing di rekesan
  • tubing tretes