Browse By

Tol Pandaan-Malang Mulai Dikerjakan

SUKOREJO – Pengerjaan ruas jalan tol Pandaan-Malang seksi  pertama terus dilakukan. Saat ini, mulai dilakukan pekerjaan konstruksi fisik berupa pekerjaan tanah. Sebelumnya, pihak pelaksana proyek tersebut sudah  melakukan pembersihan lahan.

Pembersihan lahan sendiri memakan waktu sekitar satu bulan. Untuk pembangunan ruas jalan tol Pandaan-Malang seksi pertama ini, baru dilakukan dari arah Pandaan hingga Purwodadi saja. Hal ini disampaikan Direktur  PT Jasamarga Pandaan Malang  (JPM) Agus, selaku investor sekaligus pengelola jalan tol.

“Kalau sebelumnya, selama sebulan fokus pada persiapan dan pembersihan lahan saja. Kini juga mulai garap yang lain, yakni pekerjaan tanah dan struktur fisik konstruksi,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, kemarin (12/2).

Loading...

Untuk pekerjaan tanah, berupa pengurukan lahan dengan tanah. Hal itu dilakukan di lahan  yang sudah dibebaskan. Saat ini, lahan yang sudah dibebaskan mencapai 85 persen. Namun, selama pekerjaan dilakukan,  pelaksana proyek tetap mempertimbangkan cuaca.

Maklum, curah hujan akhir-akhir ini tengah tinggi. Jika hujan sedang turun, maka pekerjaan proyek terpaksa dihentikan. Baru kemudian dilanjutkan saat kondisi sudah terang.  “Pekerjaan tanah saat ini sudah  dilakukan di sejumlah titik, dan sudah berjalan.

Seperti Lemahbang dan Pakukerto, Kecamatan Sukorejo. Lalu, Parerejo dan Capang, di Kecamatan Purwodadi,” terangnya. Disinggung untuk struktur fisik yang digarap, Agus mengaku baru tahap permulaan. Diantaranya, pemasangan saluran  crossing box (lorong persimpangan, Red) dan pemasangan fondasi jembatan prioritas di  overpass (jalan layang, Red) di  jalan nasional.

Dari pantauan koran ini, sejumlah material barang yang dibutuhkan sudah mulai didatangkan ke lokasi. Termasuk alat berat. Seperti tiang pancang dan mesin bore pile. “Untuk struktur fisik konstruksi, dari sekian item pekerjaan yang ada, kami dulukan bangun jembatan dulu. Karena prosesnya butuh waktu dan agak lama. Biar sama-sama bisa maksimal,” jelasnya. (radar)

Incoming search terms:

  • berita terbaru tol pandaan malang
  • tol pandaan malang
  • malang skypersity