Browse By

Pekerja PLN Temukan Ratusan Proyektil Aktif di Sungai Nampes Pandaan

petugas-polsek-pandaan-langsung-mengamankan-ratusan-proyektil-aktif-yang-ditemukan-di-sungai-di-desa-nogosari-pandaan

Di Sungai, Sebagian Sudah Berkarat

PANDAAN – Sebanyak 317 buah proyektil atau peluru ditemukan  di sungai di tepi jalan Dusun  Nampes, Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten  Pasuruan. Ratusan proyektil itu  ditemukan kemarin pagi (15/11),  pukul 07.30.

Adalah Edy Renaldi, asal Sidoarjo, bersama tiga rekannya yang menemukan ratusan proyektil  tersebut. Ceritanya, pagi itu Edy dan tiga rekannya sedang bekerja di sebuah gardu PLN di Desa  Nogosari.  Saat berjalan di tepi sungai,  mereka melihat benda mencurigakan di sungai.

Loading...

Warnanya kuning, ukurannya kecil dan jumlahnya banyak. Penasaran ingin tahu, mereka mendekat. Begitu dilihat, ternyata benda  tersebut adalah proyektil.  Tahu ada ratusan proyektil, Edy lantas menelepon Mapolsek Pandaan. Petugas pun langsung menindaklanjuti dengan datang  ke tempat kejadian perkara (TKP).

“Kami ditelepon pekerja PLN  di Desa Nogosari. Informasinya ada banyak proyektil di sungai  dekat gardu induk PLN. Kami  pun langsung meluncur ke TKP  untuk mengecek. Dan, ternyata  benar,” terang Kapolsek Pandaan  Kompol M. Iskak.  

Dua petugas Polsek Pandaan yang tiba di TKP, langsung mengevakuasi  proyektil dari dasar sungai yang dangkal. Satu per satu proyektil  dievakuasi dan diamankan. Petugas  juga meminta keterangan dari sejumlah saksi mata di TKP. Kapolsek menjelaskan, proyektil  yang ditemukan adalah jenis SMB  kaliber 12,7.

“Semua pro yektik masih aktif. Namun, sepertinya  sudah lama. Karena sebagian  sudah berkarat,” ucapnya. Untuk sementara, pihaknya menurut Kapolsek, belum mengetahui  dari mana dan siapa pemilik ratusan proyektil itu.

“Kami tak bisa berandai-andai dan menduga,  mengenai asal proyektil ini. Sejauh  ini, dalam penyelidikan petugas di lapangan,” tegasnya. Hingga berita ini ditulis, ratusan proyektil itu masih diamankan di Mapolsek Pandaan. Rencananya, semua proyektil akan   di serahkan ke bagian sendak Polres Pasuruan. (radar)