Browse By

Parkir Berlangganan Baru 81 Persen

parkir-berlangganan-baru-81-persen

Dari Target PAD yang Telah Ditetapkan

BANGIL – Tahun 2016 ini, Pemkab Pasuruan menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari parkir sebesar Rp 8,7 miliar. Namun, hingga akhir Oktober baru didapat Rp 7,4 miliar. Artinya, masih ada kekurangan lebih dari Rp 1 miliar untuk  bisa memenuhi target tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan Heri Yitno menuturkan, perolehan  PAD dari retribusi parkir memang masih belum memenuhi target.  Dari target yang ditetapkan pasca P-APBD 2016, baru terealisasi sekitar 82 persen.

Ia merinci, target parkir konvensional tahun ini senilai Rp 195 juta. Sementara, untuk parkir berlangganan, ditetapkan targetnya hingga Rp 8,4 miliar.  Sedangkan retribusi dari parkir tempat khusus, ditargetkan hingga Rp 136,8 juta.

Loading...

Dari target tersebut, hampir semuanya terpenuhi. Bahkan,  untuk target parkir khusus, sudah  melampaui. Karena realisasinya sudah mencapai Rp 144,7 juta. “Ada tiga perolehan retribusi dari parkir. Selain parkir berlangganan, ada parkir konvensional dan tempat khusus. Untuk parkir tempat khusus sudah terpenuhi, bahkan melampaui,” ujar Heri.

Sementara untuk parkir konvensional, tinggal menyisakan sekitar Rp 21 juta. Karena pihaknya sudah merealisasikan  Rp 173,4 juta atau 88,92 persen   dari target. Dan, untuk parkir berlangganan inilah, kata Heri  Yitno, yang masih jauh dari target. Sebab, pihaknya baru memenuhi sekitar 81 persen dengan nilai Rp 6,8 miliar.

“Tinggal  parkir berlangganan memang  yang masih tinggi, mencapai Rp 1,5 miliar yang harus kami penuhi. Karena memang targetnya juga tinggi,” sambung dia. Beberapa hal menjadi faktor belum penuhi target dari capaian retribusi parkir.

Kebijakan pemerintah yang mengharuskan balik nama untuk perpanjangan  pajak atau harus menyiapkan KTP asli pemilik kendaraan, menjadi faktor wajib pajak “malas” untuk mengurus perpanjangan kendaraannya.

Dampaknya, berpengaruh terhadap parkir berlangganan.  Mengingat, pembayaran parkir  berlangganan tersebut berbarengan dalam pembayaran pajak. Meski begitu, pihaknya masih optimistis target bisa terpenuhi. Karena masih ada sisa waktu satu  setengah bulan untuk merealisasikan target tersebut. (radar)