Browse By

Api Lahap Pabrik Kayu

satu-unit-mobil-pemadam-kebakaran-yang-ikut-dikerahkan-untuk-membantu-memadamkan-api-di-pt-dura-surya-perkasa-dini-hari-kemarin

Kerugian Diperkirakan Ratusan Juta Rupiah

GENDING – Kepanikan melanda karyawan PT Dura Surya Perkasa dini hari kemarin (6/11). Itu, lantaran tiba-tiba saja api  membakar pabrik kayu yang ada di Desa Bulang, Kecamatan Gending. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materi diperkirakan Rp. 200  juta.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 02.30.  Saat itu, karyawan setempat baru saja melakukan pengeringan pada 800 kibik kayu sengon. Mereka pun membuka pintu oven untuk memotong kayu sengon tersebut.

Loading...

Namun, setelah dibuka, tiba-tiba ada percikan api. Si  jago merah dengan cepat membesar. Mengetahui peristiwa ini, karyawan setempat mencoba memadamkan api dengan menggunakan pompa hydrant. Namun, api   tidak berhasil dipadamkan.

“Karena api tidak berhasil dipadamkan, karyawan pabrik menghubungi saya sekitar pukul 04.00,” kata Kades Bulang Nur Hasan. Mendapatkan laporan tersebut, Hasan  langsung menuju lokasi. Sesampainya di sana,  ia melihat kobaran api yang semakin membesar.

Ia pun menghubungi pemadam kebakaran (damkar). Sekitar pukul 05.30, 1 unit mobil  damkar tiba di lokasi. Selang 30 menit kemudian, api berhasil dipadamkan. Nur Hasan menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, 200 kayu  sengon yang diletakkan di dalam 3 balok kotak habis terbakar api, sedangkan 600  kayu sisanya dalam kondisi utuh.

Diperkirakan kerugian materi akibat peristiwa ini mencapai Rp. 200 juta. Jawa Pos Radar Bromo sebenarnya juga sempat meminta keterangan pada pemilik  PT Dura Surya Perkasa tentang peristiwa ini. Namun, hingga berita ini ditulis tadi  malam, penjelasan yang bersangkutan tidak berhasil didapatkan.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP  Arman Asmara Syarifuddin menjelaskan  kebakaran tersebut diduga  berasal dari oven yang terlalu panas. Panas ini menimbulkan  percikan api. Karena gudang oven tersebut   berisi kayu sengon yang mudah terbakar,   sehingga api cepat membesar.

“Dugaan sementara, penyebab kebakaran karena oven yang terlalu panas. Namun, kami masih melakukan pendalaman dengan melakukan penyidikan lebih lanjut pada pemilik dan saksi,”jelas mantan Kasubdit III Diresnarkoba  Polda Metro Jaya ini. (radar)

Incoming search terms:

  • pt dura surya perkasa