Browse By

Pemkab Pasuruan Dapat Kucuran Rp 56 M dari Pusat

jalan-gondanglegi-randupitu-tergolong-padat-kendaraan-ruas-jalan-setempat-rencananya-bakal-dilebarkan

BEJI – Pemkab Pasuruan dapat kucuran dana puluhan miliar dari pemerintah pusat untuk penanganan jalan di Kabupaten Pasuruan. Selain untuk peningkatan jalan, dana jumbo itu juga diperuntukkan melebarkan sejumlah ruas jalan.

Setidaknya, ada lima titik ruas jalan yang akan ditangani pasca P-APBD 2016 tersebut. Empat di antaranya, merupakan pelebaran jalan. Sedangkan satu titik lainnya, merupakan peningkatan jalan.  Total anggaran yang di-support pemerintah  pusat, mencapai Rp 56 miliar.

Dana itu, untuk penanganan lima ruas jalan di Kabupaten Pasuruan. Kepala Bidang Perencanaan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Gatot merinci, jalan yang akan dilebarkan salah satunya ruas Gununggangsir-Sejo.

Selain itu, ruas jalan Gondanglegi-Randupitu, ruas jalan Jetak- Dayurejo dan Blembem-Areng-areng. Sedangkan untuk ruas jalan yang akan ditingkatkan yakni Plososari-Triwung, di Kecamatan Grati.  Untuk Gununggangsir, Kecamatan Beji dengan Sejo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, bakal menghabiskan dana Rp 10 miliar.

Loading...

Begitupun dengan ruas jalan Gondanglegi, Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji hingga Randupitu, Kecamatan Gempol, bakal di gelontorkan dana serupa, yakni Rp 10 miliar. Selanjutnya, ruas jalan Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan hingga  Dayurejo, Kecamatan Prigen, digerojok dana hingga Rp 11 miliar.

Sedangkan untuk Blembeng-Areng-areng, Kecamatan Wonorejo, digerojok dana hingga  Rp 10 miliar. “Dan, untuk ruas jalan Plososari-Triwung, Kecamatan Grati, dianggarkan Rp 1,5 miliar. Tapi, bukan pelebaran melainkan untuk peningkatan,”  sampainya.

Panjang ruas jalan masing-masing berbeda. Seperti Gondanglegi-Randupitu, yang mencapai 6 km. Sementara untuk Gununggangsir-Sejo, hanya 3,5 km. Meski anggarannya sama, penanganannya berbeda seiring  kondisi jalan yang berbeda. Ada yang sebagian mengalami rusak parah, seperti di ruas Gununggangsir-Sejo.

“Untuk pelebaran yang akan  dilakukan, antara dua meter hingga tiga meter. Seperti untuk  ruas jalan Gununggangsir-Sejo dari yang semula lima meter nantinya akan dilebarkan menjadi tujuh meter,” tuturnya.

Saat ini, rencana pelebaran tersebut baru masuk tahapan lelang. Pihaknya mengancang-ancang, pertengahan November sudah ada pelaksanaan. (radar)