Browse By

600 Peserta Gowes to Tretes Siap Taklukkan Tanjakan

PANDAAN – Event Gowes to Tretes gelaran Jawa Pos radar Bromo siap digelar, hari ini. Sebanyak 600 peserta bakal mengikuti kegiatan mancal bareng sepanjang 12 kilometer. Dimulai dari area parkir Wapo Resto di Taman Dayu, Kecamatan  Pandaan dan finis di lapangan pacuan kuda, Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen.

Sejauh ini, tidak ada masalah teknis yang dihadapi panitia. Rambu-rambu penunjuk arah di sepanjang rute sudah dipasang, sehari sebelumnya. “Persiapan  sudah selesai. Tinggal pelaksanaan besok (hari ini, Red)” kata M. Asad, ketua kegiatan ini yang juga Kabiro  Pandaan.

Sesuai rundown kegiatan, acara yang dihelat pertama kali itu akan dimulai pukul 06. 00. Lima belas menit kemudian, peserta  dari dalam dan luar kota akan  diberangkatkan Bupati Pasuruan,  Irsyad Yusuf bersama jajaran Forpimda setempat.

Aad, sapaan akrab M. Asad mengatakan,  dibanding kegiatan serupa lainnya, rute kegiatan ini  tak kalah menariknya. Selain  panorama pegunungan yang  indah, peserta bisa menikmati keindahan tanaman hias di stan  pasar bunga di lokasi finis.

Loading...

Namun begitu, peserta perlu  tetap waspada. Sebab, kendati rute yang dilalui ‘hanya’ 12 kilometer,  sebagian di antaranya  berupa jalan makadam. Selain itu, juga banyak tikungan tajam  dan persimpangan jalan. Karena itu, Aad berpesan kepada para peserta untuk tetap  fokus.

“Yang lebih penting juga,  jangan terlalu buru-buru. Sebab,  ada banyak tanjakan yang harus  ditaklukkan,” jelasnya.  Sebagai informasi, event Gowes to Tretes ini merupakan event bersepeda bersama yang digelar Jawa Pos Radar Bromo.

Dari area parkir Wapo Resto The Taman  Dayu di Pandaan, peserta akan  mancal ke atas menuju simpang  empat Desa Ketan Ireng (sebelum  masuk Waterpark). Dari sana, rombongan belok   kanan menuju Dusun Mendalan,  Desa Duren Sewu.

Selanjutnya, peserta belok ke kiri, hingga ke  jalan tembus Pandaan-Ledug (simpang tiga Duren Sewu). Koordinator teknis kegiatan Untoro Ariadi mengatakan, pihaknya menyediakan satu pitstop  di Ruko Ketan Ireng. Selain beristirahat,  peserta juga bisa menikmati  snack yang disajikan   panitia.

“Di pitstop, peserta harus menunjukkan kupon untuk cek list.  Karena, kupon yang tidak dicentang   panitia, nanti tidak bisa ikut undian,” jelas Untoro. (radar)