Browse By

Dongkrak Ban, Tewas Terlindas Kontainer

Mesin Hidup, Sopir Dinilai Lalai

PANDAAN – Nasib tragis dialami Edi Cahyono, 46, warga Dusun Krajan, Desa Karangrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Pria yang bekerja sebagai sopir ini, tewas terlindas kontainer saat sedang mendongkrak ban.

Kecelakaan itu terjadi kemarin (19/7), pukul 11.00 di areal parkir kontainer PT Surya Kencana Abadi  Trans. Sebuah perusahaan transportasi di Dusun Bareng, Desa Sumberrejo, Pandaan. Sebelum kecelakaan, korban memarkir kontainer Nopol N 8698 UV dalam keadaan mesin hidup.

Korban lantas turun dari  kontainer. Dia kemudian masuk ke kolong kontainer untuk mendongkrak roda belakang sebelah kanan. Lalu tiba-tiba, kontainer dengan berat sekitar 7 ton itu berjalan sendiri. Melihat kondisi itu, sejumlah sopir yang juga rekan korban di  tempat kejadian perkara (TKP), mencoba menolong.

Loading...

Mereka  berusaha menghentikan laju kontainer. Namun, tak bisa. Kontainer bahkan sempat menabrak dua motor yang sedang diparkir di depannya. Motor pun  langsung guling. Baru setelah itu, kontainer berhenti sendiri.

“Waktu itu tiba-tiba kontainer jalan sendiri, namun pelan. Sementara dia ada di kolong kontainer. Langsung badannya terlindas  kendaraannya sendiri,” beber Rokhim, saksi mata sekaligus  rekan kerja korban.

Menurutnya, korban terlindas  roda kontainer belakang sebelah kanan. Saat itu juga, korban tewas  dengan kepala pecah. Petugas Polsek Pandaan yang  tiba tidak lama di lokasi  kejadian,  dan langsung melakukan olah  TKP. Petugas juga meminta keterangan singkat dari sejumlah saksi mata dan rekan korban. Termasuk mengamankan sejumlah   alat bukti, dan memasang garis polisi di TKP.

Kapolsek Pandaan Kompol M. Iskak menyebut, kejadian ini bisa dikategorikan kecelakaan kerja. “Ini terjadi akibat kelalaian dan kecerobohan korban sebagai sopir. Korban memarkir dan mendongkrak ban. Namun, mesin  menyala. Akhirnya mesin jalan  sendiri dan melindasnya,” terangnya. (radar)