Browse By

September Kemarau, Intensitas Hujan Menurun

GEMPOL – Musim kemarau diperkirakan masih berlangsung dua bulan lagi, yaitu September. Namun, intensitas hujan saat  ini mulai menurun.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda di Surabaya  menyebut, turunnya intensitas hujan terjadi di wilayah Pantura pulau Jawa. Termasuk Pasuruan dan Probolinggo.

“Sebelum Lebaran, intensitas hujan memang cukup tinggi. Bahkan, di beberapa daerah sampai banjir. Setelah Lebaran  hingga beberapa pekan ke depan, potensi hujan menurun,” terang Bambang Setiajit, kasi informasi BMKG Juanda.

Di Pasuruan sendiri, intensitas hujan yang tinggi sebelum Lebaran, menyebabkan banjir pada 30 Juni. Banjir terjadi di sembilan kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sebanyak 14.259 rumah di 44 desa terendam. Sementara di Kota Pasuruan, 3.500 rumah di 10 kelurahan yang  tersebar di empat kecamatan, terendam.

Loading...

Bahkan, jalan raya Surabaya-Banyuwangi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, lumpuh 12 jam lamanya. Dijelaskan Setiajid, turunnya intensitas hujan  terjadi karena beberapa hal. Di antaranya,  musim kemarau segera datang, yaitu sekitar  September.

Lalu, ketersediaan uap air relatif biasa atau tidak melimpah, di laut Jawa. Selain itu, pola angin convergen atau masuk, penumpukannya mulai normal. Juga profil udara yang ada sifatnya vertikal kering. Semuanya menyebabkan, potensi  hujan berkurang.

Tidak hanya intensitas hujan yang turun.  Ombak laut di pantai Pulau Jawa juga tak setinggi sebelumnya. Hanya 1-2 meter. (radar)