Browse By

Racik Mercon, Menantu-Mertua Diciduk Polres Pasuruan

TUTUR – Mertua dan menantu asal Desa Sumberpitu, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, ini memang kompak. Sayang, kekompakan mereka dalam hal negatif hingga menyeret keduanya ke penjara. Maklum saja, mereka kompak dalam meracik mercon.

Dua pelaku pembuat mercon yang ditangkap itu adalah Satuman, 71 dan Rujianto, 42. Keduanya merupakan mertua dan menantu, asal Dusun Campal, Desa Sumberpitu, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Mereka dibekuk anggota Satreskrim Polres Pasuruan, Rabu dini hari (22/6). Kasubaghumas Polres Pasuruan AKP Yusuf Anggi menyampaikan, penggrebekan home industry mercon di Tutur itu, berawal dari informasi yang didapat petugas Satreskrim Polres Pasuruan.

Mulanya, petugas memperoleh laporan kalau Satuman, memproduksi petasan. Informasi itu pun ditindaklanjuti petugas dengan melakukan penyelidikan. Petugas berpura-pura membeli mercon kepada pelaku. Rupanya benar, Satuman disebutkan menjual petasan yang dibuatnya itu ke petugas.

Loading...

Dari penyelidikan itulah, petugas  pun melakukan penggerebekan sekitar pukul 00.15. Lima anggota Buser Polres Pasuruan  yang menggerebek rumah  pelaku menemukan sejumlah  barang bukti di rumahnya. “Saat
digerebek, tersangka sedang  istirahat,” jelas Yusuf.

Dalam penggerebekan itu, petugas berhasil menemukan sejumlah barang bukti bahan baku pembuatan mercon. Sedikitnya, ditemukan 680 biji selongsong mercon, delapan bungkus serbuk mercon, 36 lembar sumbu mercon, sebuah sendok, dua buah tusuk bambu, tiga kantong plastik,  dan sebotol plastik.

“Barang bukti itu ditemukan petugas di rumah tersangka,” tutur perwira polisi dengan tiga setrip di pundaknya itu menambahkan. Berdasarkan temuan itulah, petugas melakukan pemeriksaan dengan cepat. Petugas melakukan pengembangan dan menemukan  kalau pembuatan mercon tersebut  dilakukan pelaku tidak sendirian.

Melainkan bersama menantunya,  Rujianto.  Mereka membuat mercon tidak  di dalam rumah. Melainkan di sebuah kandang sapi yang berada tak jauh dari rumah menantunya tersebut. Petugas pun menggerebek rumah Rujianto dan menggeledah  kandang sapi miliknya.

Hasilnya, ditemukan ribuan mercon siap edar. Barang bukti yang ditemukan petugas, di antaranya;  75 biji mercon besar siap ledak, 4.830 biji mercon kecil, sembilan biji mercon bulat besar siap ledak, dua bendel sumbu mercon, satu kantong plastik berisi serbuk mercon, sebuah cutter, sebuah sendok,  satu buah kuas, dan sejumlah peralatan pembuatan mercon lainnya.

Barang-barang bukti yang ditemukan itu, kemudian diamankan petugas ke Mapolres Pasuruan bersama kedua tersangka. “Ini merupakan hasil Operasi Camera atau cara mengatasi mercon. Kedua tersangka diamankan untuk menjalani pemeriksaan,” sambung dia.

Barang-bukti-ribuan-mercon-yang-diamankan-dari-kedua-tersangka.

Barang bukti ribuan mercon yang diamankan dari kedua tersangka.

Meski sudah tertangkap basah, kedua pelaku rupanya kompak  berkilah. Mereka menolak membuat mercon tersebut. Karena mercon itu diklaim dibuat oleh anak dari Satuman, yang saat itu telah kabur dalam penggerebekan. “Mereka mengaku, kalau bukan yang membuat. Tapi, pelakunya mengarah keduanya,” jelas Yusuf.

Karena perbuatannya itu, kedua pelaku terancam hukuman 12  tahun penjara. Mereka dianggap  melanggar pasal 1 ayat 1 UU  Darurat Nomor 12 Tahun 1951.  (radar)

Incoming search terms:

  • bokep mertua
  • bokep menantu
  • bokep mertua dan menantu
  • Download bokep anak dan menantu