Browse By

6.132 Siswa Berebut 4.452 Kursi di Kota Probolinggo

Tak Ada Tes Masuk Susulan

MAYANGAN – Sebanyak 6.132 calon siswa kemarin (20/6) mengikuti tes masuk Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) di Kota Probolinggo. Mereka mengikuti tes yang digelar di 10 SMP negeri dan 8 SMA/SMK negeri. Tiap peserta diberi waktu 150 menit untuk mengerjakan 60 soal.

Pelaksanaan ujian tes masuk itu layaknya ujian akhir siswa. Di tiap ruangan, ada petugas  yang berjaga. Hal itu seperti yang terpantau di SMKN 2 yang diikuti oleh 900 peserta. Mereka mengikuti ujian di 45 ruang kelas.

“Untuk SMKN 2 adalah lokasi ujian dengan peserta tes terbanyak. Namun, ini tidak memastikan bahwa mereka akan mendaftar  ke SMK 2 semua. Tapi, hanya  sebagai lokasi tes saja,” ujar Didit  Irwanto, kabid Pendidikan Menengah  pada Dinas Pendidikan   Kota Probolinggo, kemarin.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dispendik, tes ujian masuk  diikuti oleh 2.986 calon siswa SMP  dan 3.146 calon siswa SMA/SMK. Calon siswa ini memperebutkan 4.452 bangku sekolah negeri se-Kota Probolinggo. Calon Siswa mengikuti ujian sejak pukul 08.00 dengan estimasi  waktu 150 menit.

Calon siswa SMP mengerjakan 3 bidang  studi. Yakni, IPA, Matematika,  dan Bahasa Indonesia.  Sedangkan calon siswa SMA mengerjakan 4 bidang studi.  Yakni, IPA, Matematika, Bahasa  Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Saat disinggung jika ada peserta yang tidak mengikuti tes masuk, Didit mengungkapkan  jelas nilainya akan rendah untukbisa mendaftar ke sekolah negeri. Pasalnya, saat ini untuk masuk sekolah negeri menggunakan campuran. 50 persen  nilai tes masuk dan 50 persen  nilai unas.

Loading...

“Kalau tidak masuk, jelas calon siswa hanya mempunyai nilai  unas saja. Sedangkan nilai tes   masuk tidak ada,” jelas Didit. Didit pun memastikan tidak ada tes ujian susulan. Tes masuk  hanya dilakukan 1 hari saja kemarin.

“Jika dilakukan (ujian)  susulan pun, mepet waktunya. Sebab, 25 Juni nilai tes masuk sudah dibagikan dalam bentuk sertifikat. Sertifikat ini yang ikut diserahkan saat mendaftar P2DB,”jelasnya.   Pendaftaran P2DB sendiri  dilaksanakan mulai 27-29 Juni 2016.

Bagi pendaftar di SMK, bisa dilakukan penarikan berkas   jika melihat ketatnya persaingan di jurusan yang diinginkan.  “Tapi, penarikan berkas hanya bisa dilakukan selama 3 hari tersebut. Sedangkan untuk SMP dan SMA tidak bisa menarik berkas karena secara otomatis jika tidak diterima di pilihan pertama, langsung masuk ke pilihan ke 2  dan seterusnya,” jelasnya.

Kepala Dispendik Kota Probolinggo Zainullah kemarin menyempatkan  diri memantau tes masuk di SMKN 2. Ia mengungkapkan, pelaksanaan tes masuk P2DB terbilang lancar dan tidak ada kendala untuk pelaksanaannya. “Tadi datang ke SMP 1 juga tidak ada kendala untuk pelaksanaan  P2DB,” ujarnya.

Mengenai formulasi soal P2DB, mantan kadiskoperindag ini mengungkapkan bahwa penyusunan soal melibatkan guru  inti tingkat SD untuk penyusunan  soal tes masuk SMP. “Begitu juga untuk tes masuk SMA. Dispendik melibatkan guru inti SMP. Sehingga, penyusunan  soal sudah dilakukan sesuai dengan kompetensi siswa,” jelasnya. (radar)

Incoming search terms:

  • download bokep anak smk