Browse By

Polsek Gempol Tangkap Lima Pembobol Pabrik Kerupuk

Lima Pelaku Diamankan, Satu DPO

GEMPOL – Petugas Polsek Gempol akhirnya menangkap pembobol gudang pabrik kerupuk, UD Sumber Makmur Sentosa di Dusun Pelem, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol. Mereka terdiri atas enam pemuda. Lima di  antaranya ditangkap petugas. Sedangkan satu pelaku  jadi DPO. 

Kelima pemuda yang sama-sama warga Kecamatan Gempol itu, kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Gempol. Mereka adalah Taufik, 19, warga Desa Jeruk Purut. Lalu, empat yang lain warga Desa Bulusari. Terdiri atas Imron Rosyadi, 22; Samsul, 19; Tohir, 21;  dan Bagus, 18.  

Kapolsek Gempol Kompol Jajak Herawan menjelaskan, perbuatan yang dilakukan para pemuda itu termasuk  tindak kriminal pencurian dengan pemberatan (curat). Mereka membobol gudang di malam hari selama lima hari berturut-turut. Yaitu, mulai Kamis-Senin (5-9/5). 

Loading...

Dari aksi itu, mereka berhasil mengambil lada atau merica dengan berat sekitar 4 kuintal senilai Rp 64  juta. “Jadi, para pelaku ini adalah sekawanan. Mereka teman bermain. Selama lima hari berturut-turut mereka melakukan pencurian,” jelas Kapolsek.

Selama melakukan aksinya, kata Kapolsek, para pelaku masuk ke gudang dengan cara memanjat tembok belakang  gudang. Di gudang, mereka mengambil lada atau merica. Barang hasil curian itu lantas dijual ke sejumlah toko kelontong di Kabupaten Sidoarjo, malam itu juga.

Para pelaku sendiri terungkap dari rekaman CCTV di  dalam gudang. Sejumlah alat bukti juga ditemukan petugas di tempat kejadian perkara (TKP). Dari situ, lima pelaku ditangkap. Mereka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun  penjara. Sisanya, satu pelaku masuk DPO. “Identitasnya sudah  kami ketahui, tinggal mencari keberadaannya. Dia adalah  Dr, asal Desa Bulusari,” tutur Kapolsek. (radar)