Browse By

Polisi Ciduk Hariyanto Tersangka Curanmor

Pelaku Curanmor Dikeler ke TKP

KRAKSAAN – Usia Hariyanto baru 21 tahun. Namun, warga Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, ini sudah  mencuri sepeda motor di 15 lokasi.  Kemarin (1/3), tersangka dikeler ke sejumlah lokasi tempat ia pernah  mencuri.

Dari 15 lokasi itu, salah satunya di parkiran sebuah lapangan futsal di Kecamatan Kraksaan. Di sana, tersangka berhasil menggondol  dua Honda Beat. Dua sepeda motor  itu sama-sama milik warga Kabupaten Probolinggo. Yakni, milik Muhammad Hafid, 26, warga Desa Jatiadi, Kecamatan Gending dan Fendriyanto, 29, Desa Kaliacar, Kecamatan Gading.

Saat dikeler ke TKP, tersangka memperagakan aksi curanmor yang dilakukan, pada 6 Februari 2016, sekitar pukul 20.30 WIB itu. Ia mengaku, saat itu tersangka bersama tiga rekannya. Namun, sejauh ini komplotannya masih buron.

Dalam aksi itu, tersangka Hariyanto jadi eksekutor. Bermodal kunci T, Haryanto berhasil menggondol satu motor. Sepeda motor itu dibawa kabur seorang diri.  Sedangkan, kawanannya masih nyanggong di tempat kejadian perkara (TKP).

Selang beberapa menit, komplontannya juga nyolong motor dan menyusulnya. Sehingga, dalam waktu hampir bersamaan mereka berhasil menggasak dua motor di satu tempat parkir. “Sepeda motornya saya jual seharga Rp 1,5 juta. Jadi, kalau dua sepeda motor semuanya Rp 3 juta. Saya dapat bagian Rp 1 juta, sisanya dibagi ke teman lain,” ujar tersangka satu anak itu.   

Loading...

Kapolsek Kraksaan Kompol  Subadar melalui Panit Reskrim Iptu Sugeng Haryono mengatakan, tersangka Hariyanto berhasil dibekuk di rumahnya, Senin malam (29/2) lalu. Sejatinya, tersangka sudah lama jadi target operasi  polisi. Sebab, pelaku sudah sering  mencuri sepeda motor di banyak TKP.

“Dari laporan TKP tempat futsal Kraksaan, itu kami melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku Hariyanto ini,” ujarnya, kemarin. Setelah diperiksa, kata Sugeng, Hariyanto mengaku beraksi bersama tiga rekannya.

Selain itu, dalam setahun ini, Hariyanto juga sudah beraksi di 15 TKP. Mulai dari wilayah Kecamatan Kraksaan, Gending, Maron, Gading, Krejengan, dan Pajarakan. “Pelaku mencuri sepeda motor dengan mencari sasaran tempat parkir, pinggir sawah, dan tempat pemuda-pemudi pacaran,” jelasnya.

Saat dibekuk sekitar pukul 20.00 WIB, menurut Sugeng, tersangka tak melawan. Tapi, awalnya tersangka sempat bersembunyi di kolong tempat tidur di kamarnya. Di sana, polisi juga menemukan barang bukti berupa kunci T.

“Barang  bukti sepeda motor milik korban yang dicuri masih dalam penyelidikan. Karena tersangka sudah menjual semua sepeda motor hasil curiannya,” ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • penangkapan begal di desa ganting kec maron kab probolinggo tgl 9 -1-2018