Browse By

Sebut Agama Suci, Salat Pakai Bahasa Jawa

PROBOLINGGO – Mengaku sebagai penganut ajaran agama suci, sejumlah warga di Sumberkare, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, salat dalam bahasa Jawa. Mereka pun salat lima kali sehari.  Total ada 20 warga yang menganut ajaran ini.

Mereka terdiri atas empat rumah yang tinggal di satu pekarangan. Semuanya masih satu keluarga. Kemarin siang (23/02), deretan rumah ini tampak lengang. Hanya ada seorang ibu lanjut usia sedang mendengarkan siaran radio. Dia adalah Soraya, 60.

Dengan ramah, Soraya menerima wartawan koran ini di rumahnya. Dia pun bercerita banyak tentang keyakinan yang dianut keluarganya. Mereka tidak menyebut diri sebagai Islam. Namun,  sebagai penganut ajaran agama  suci. “Ini agama suci,” ujar Soraya saat menyebut keyakinannya  tersebut.

Meskipun tidak menyebut Islam, namun kegiatan ibadah yang dilakukan ajaran ini, mirip dengan kaum muslim. Misalnya, mereka punya kewajiban yang  disebut salat. Salat ini dilakukan lima waktu. Yaitu, Subuh, Duhur, Asar, Magrib, dan Isya.

Loading...

Mereka pun salat bersama setiap Subuh dan Magrib. Namun, bacaan salat dilafalkan dalam bahasa Jawa. “Padeeh. Sama seperti agama Islam. Cuma bicaranya (bacaannya, Red) pakai bahasa Jawa,” jelasnya. Misalnya kalimat Takbir Allah  Akbar diganti menjadi Allah  Satunggaling. Lalu, bacaan salat dari awal hingga akhir dibacakan dalam bahasa Jawa halus.

“Tapi, inti kalimatnya sama. Tujuannya itu menyembah Gusti Allah dan menyebut Kanjeng Nabi Muhammad,” jelasnya. Tidak hanya salat, ajaran ini  juga punya kewajiban menjalankan puasa dan salat Idul Fitri.  “Puasa dan hari raya ikut pemerintah.  Kalau salat hari raya Idul Fitri di langgar ini,” ujarnya.

Saat Idul Fitri, semua jamaah yang masih memiliki ikatan famili berkumpul di langgar kecil berukuran sekitar 1,5 x 2 meter.  Langgar yang telah berusia sekitar  10 tahun itu, bagian depannya  ditutup. Di sana, terlihat  beberapa mukenah digantung  di atas tali tipis yang ditempelkan di dinding langgar.

“Selain itu, sebulan sekali ada  semacam selametan. Biasanya selametan ini memakai telur dan  tujuh nasi gulung (nasi bungkus). Kalau artinya tidak tahu. Orang tua yang mengajarkannya,” ujar  nenek satu cucu ini.  Meskipun dalam beribadah selalu menggunakan bahasa  Jawa halus, namun warga penganut  ajaran ini menggunakan bahasa Madura untuk percakapan  sehari-hari.

Bahkan, tidak ada dari mereka yang mengerti bahasa Jawa.  Mereka hanya memahami maksud doa yang mereka baca dalam setiap kegiatan ibadahnya. Namun, percakapanan sehari-hari menggunakan bahasa Madura.

“Kalau sehari-hari ya tidak  bisa ngomong bahasa Jawa. Kalau  saya masih bisa bahasa Indonesia. Kalau yang lain, kayak suami saya tidak bisa. Sehari-hari ngomongnya Madura,” ungkapnya. Soraya lantas menceritakan awal  mula keluarganya memeluk ajaran  ini. Menurutnya, agama suci  diajarkan oleh orang tua.

“Orang tua saya dapat ilmu itu dari seorang kiai di Jember,” ujarnya. Dari kiai inilah, ajaran itu diserap kedua orang tua Soraya. Lalu, disampaikan kepada anak-anaknya melalui bertutur. “Tidak ada buku panduan khusus. Kami diajarkan melalui lisan  sejak kecil. Mulai cara berdoa dengan bahasa Jawa. Sampai sekarang kami hafal dan kami ajarkan pada anak-anak kami,”  ujarnya.

Namun, Soraya sendiri tidak tahu pasti bagaimana awalnya orang tuanya bisa mengenal kiai tersebut. Seingatnya, sejak tahun 1952 orang tuanya sudah mengajarkan  ajaran ini padanya. “Kalau suami saya itu dulu orang Jangur, Sumberasih. Sebelumnya ikut Islam biasa. Baru setelah menikah ikut ajaran ini,” ujarnya.

Suradi, suaminya yang duduk di sebelahnya hanya menganggukkan kepala. Suradi tidak banyak bicara. Sebab, dia hanya  bisa mengerti percakapan dalam bahasa Madura.  Namun, Soraya sendiri enggan untuk meninggalkan ajaran ini.  Sebab, ajaran ini telah tumbuh  bersamanya sejak masih kecil hingga saat ini.

“Ini masalah keyakinan. Terserah orang mau bicara apa. Tapi, yang jelas ini adalah keyakinan saya dan keluarga,” jelasnya.  (radar)

Incoming search terms:

  • Bokep jawa
  • bokep bahasa jawa
  • bokep anak madura
  • bokep jawa com
  • bokep clik