Browse By

9 Rumah Terdampak Tol Pasuruan-Probolinggo

Inventarisasi Ditarget Rampung Sebulan

WONOASIH-Proyek pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo yang akan digarap 2018 nanti, bakal mengenai 9 rumah warga di Kelurahan Kedunggaleng, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Selain rumah, pembangunan tol juga berdampak pada 2 fasilitas umum (fasum) berupa jalan desa.

Data itu diketahui dari lembaran inventarisasi bidang yang terkena dampak milik petugas  ukur dan yuridis, kemarin (25/1). Dari data itu, diketahui terdapat 28 bidang di Kedunggaleng  yang akan terkena dampak pembangunan. Rinciannya, 9 rumah, 2 fasum, dan sisanya berupa sawah.

Di lembaran tersebut, nama-nama pemilik bidang juga tercantum. Sedangkan di Kelurahan Pakistaji, terdapat 27 bidang yang terdampak. Terdiri atas 3 fasum dan sisanya berupa sawah. “Warga yang terkena dampak sudah diberi tahu dan pernah diundang ke kantor kecamatan untuk diberi penjelasan,” kata Camat Wonoasih Mohammad Masykur, tadi malam.

Loading...

Mereka, lanjutnya, akan mendapat ganti rugi dari pemerintah. Untuk itu, dalam pengukuran dan pengecekan dokumen tanah kemarin, bidang yang terkena dampak diinventarisasi. Termasuk apa yang tertanam di atas bidang tersebut.

Misalnya, tanaman dan pohon juga dicatat, sebagai bahan perhitungan penaksir independen (appraisal) nanti. Terkait dengan inventarisasi tanaman di sawah, Dinas Pertanian (Disperta) setempat juga dilibatkan. Yakni, terkait dengan usia tanaman.

“Semua proses ini, ditarget selesai dalam jangka waktu sebulan,” terang Masykur kepada Jawa Pos Radar Bromo. Dari pantauan di lokasi, pengukuran dan pengecekan dokumen kemarin dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Camat, lurah Pakistaji dan Kedunggaleng, Koramil Wonoasih, serta Disperta dilibatkan. Pemilik bidang tanah juga berada di lokasi.

“Terbuka saja, Pak. Sebutkan semua yang ada untuk dicatat, kecuali rumput. Nanti  ada ganti ruginya,” kata Subiyanto, kasubsi Pengendalian Pertanahan pada BPN Kota  Probolinggo kepada beberapa pemilik bidang. (radar)

Incoming search terms:

  • pembangunan jalan tol pasuruan probolinggo
  • proyek jalan tol pasuruan probolinggo
  • tol Pasuruan probo