Browse By

Terekam CCTV, Maling Truk Dibekuk

Barang Bukti Ditemukan di Jember

PURWOSARI-Berhasil membawa kabur truk boks bermuatan bumbu dalam kemasan tak membuat Agus Junaidi, 35, bebas dari kejaran polisi. Selang tiga hari setelah mencuri Agus berhasil dibekuk anggota Polsek Purwosari, Polres Pasuruan, Rabu (20/1).

Truk-yang-dicuri-Agus-diamakan-di-Mapolsek-Purwosari.

Pria yang mencuri truk bernopol N 9144 UA di parkiran CV Sumber  Baru, Dusun Karangasem, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, itu dibekuk di sebuah warung tak  jauh dari tempatnya mencuri.  Kini, warga Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten  Jember, itu ditahan di Mapolsek  Purwosari.

Loading...

Kanitreskrim Polsek Purwosari Ipda Sawo Supriatna mengatakan, tersangka berhasil dibekuk setelah pihaknya memelototi hasil rekaman CCTV di sebuah SPBU di Desa Cobanblimbing, Kecamatan Wonorejo. “Setelah berhasil mencuri truk, pelaku sempat mampir isi solar di SPBU dan terekam jelas oleh CCTV SPBU ini,” ujarnya.

Berhasil dibekuk, pelaku langsung diperiksa. Terutama, untuk  mengungkap keberadaan truk  dicurinya. Hasilnya, malam itu  juga polisi berangkat ke Jember  untuk mengamankan truk yang di colong Agus. Sebab, kepada polisi Agus mengaku membawa  hasil curiannya ke Jember dan  menyerahkannya kepada rekannya  yang berinisial HR.

Kemarin dini hari (21/1), barang bukti berupa truk itu berhasil ditemukan di tepi jalan di Dusun Krajan, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Namun, truk bermuatan 2,6 ton bumbu racik  itu sudah tak utuh.

“Truknya kami temukan, tapi  tidak utuh. Karena boks dan muatannya sudah dijual pelaku lain (HR) yang kini masih buron. Tinggal  kendaraan beserta sasis plus mesinnya saja. Saat itu juga truk  itu kami bawa ke Mapolsek untuk  di amankan sebagai barang bukti,” jelas Sawo.

Kepada polisi, Agus mengaku berhasil membawa kabur truk boks itu menggunakan kunci palsu. Sebab, stop kontak truk itu sudah dol. Sedangkan, pintu truk kala itu tak terkunci. Truk itu pun langsung dibawa kabur ke Jember setelah mengisi solar di SPBU.

“Selain truk yang kami amankan sebagai barang bukti, juga ada fotokopi DO atau surat jalan. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh  tahun penjara,” jelas Sawo.

Sedangkan, Agus mengaku mencuri truk itu seorang diri. Tapi, truk itu diserahkan kepada salah seorang temannya di Jember. “Terpaksa saya melakukannya. Rencananya, hasil penjualan truk  dan isinya untuk bayar utang,”  ujar tersangka saat ditemui di Mapolsek Purwosari, kemarin. (radar)

Incoming search terms:

  • berita tanggul jember
  • tuan takur tanggul