Browse By

Pembunuhan Rusdan di Desa Sokaan, Memasuki Babak Baru

KRAKSAAN-Proses pemberkasan kasus pembunuhan terhadap Rusdan, 50, pedagang sapi asal Desa Kertosono, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, sudah rampung. Rencananya, dalam waktu dekat, penyidik Polres Probolinggo akan segera melimpahkan berkas kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Sokaan, Kecamatan Krejengan, itu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kraksaan.

Jajaran-Polres-Probolinggo-saat-akan-mengevakuasi-jenazah-Rusdan-yang-ditemukan-tewas-di-Desa-Sokaan,-Kecamatan-Krejengan,-awal-Oktober-lalu

Hal itu disampaikan Kasubag Humas AKP Ida Bagus Gede beberapa waktu lalu. Kepada Jawa Pos Radar Bromo, Bagus mengatakan, penyidik berusaha bergerak cepat menangani kasus pembunuhan di tengah sawah tersebut.

Pasca digelar rekonstruksi aksi pembunuhan yang menyeret 8 tersangka Sabtu lalu (2/12). Penyidik pun bergerak merampungkan pemberkasannya. Proses pemberkasan sudah rampung dan siap dilimpahkan ke kejaksaan.

Loading...

Dalam waktu dekat, pelimpahan tahap pertama akan dilakukan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, kemarin. Kedelapan tersangka itu adalah Iapit, 46, Desa Ranon, Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo.

Ketujuh tersangka lainnya, sama-sama berasal dari Desa Kertosono Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Mareka adalah Nidin, 31; Gunarom, 34; Amrul, 29; Atmari, 33; Yasin, 45; Manab, 45; dan Alex, 40.

Dalam berkas itu, dikatakan Bagus, kedelapan tersangka dikenakan pasal yang sama. Yaitu, pasal 340 KUHP dan atau 338 KUHP tentang Pembunuhan. Meskipun mereka semua bukan eksekutor pembunuharmya.

Tetapi, aksi pembunuhan itu diawali niatan dan rencana kedelapan tersangka tersebut. “Dalam rekonstruksi itu jelas, kedelapan tersangka itu yang merencanakan pembunuhan itu. Dengan cara patungan uang untuk membayar jasa pelaku pembunuhan bayaran.

Mereka bisa dikenakan pasal pembunuhan berencana,” terangnya. Kasubag Humas menjelaskan, di limpahkannya berkas ke delapan tersangka, bukan berarti proses penyelidikan berhenti. Pihaknya masih memburu pelaku eksekutor pembunuhan inisial DS yang kini ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Nanti kalau pelaku eksekutor tertangkap, berkas akan dibuat terpisah dan diproses terpisah pula,” jelasnya.  Diketahui sebelumnya, warga Desa Sokaan, Krejengan dan Desa Kertosono, Gading, digegerkan dengan tewasnya Rusdan, 50, dengan kondisi tidak wajar.

Korban ditemukan tewas di tengah sawah, tidak jauh dari perbatasan kedua desa. Tidak hanya itu, korban yang ditemukan di selokan pengairan sawah, mengalami luka tusukan senjata tajam. Anehnya, uang korban Rp 20 juta tidak hilang. (radar)

Incoming search terms:

  • pembunuhan di probolinggo terbaru
  • pembunuhan di kertosono
  • berita kertosono