Browse By

Awasi 250 Menara Seluler

Tim Monev Libatkan Tiga SKPD

PANDAAN – Di Kabupaten Pasuruan, sejauh ini telah berdiri 250 menara telekomunikasi. Namun, monitoring dan evaluasi  (monev) terhadap ratusan tower itu masih  dilakukan sendiri-sendiri oleh satuan kerja  pemerintah daerah (SKPD) terkait.

Sejumlah-menara-telekomunikasi-berdiri-di-Penanjakan,-Desa-Wonokitri,-Kecamatan-Tosari.-Sejauh-ini,-di-Kabupaten-Pasuruan-telah-berdiri-250-menara.

Kini pemkab berencana membentuk tim monev yang akan melibatkan tiga SKPD.  Diantaranya Badan Pelayanan Perizinan  dan Penanaman Modal (BP3M), Kominfo,  dan Satpol PP.  “Monitoring selama ini ada dan sudah berjalan.

Loading...

Tapi, masih dilakukan masing-masing  SKPD sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi)nya. Tahun depan sudah tak lagi, tapi bersama dalam tim monev (monitoring dan evaluasi).  Sekarang proses ko ordinasi dan akan dibentuk  akhir tahun ini,” ujar Kepala BP3M Kabupaten Pasuruan Soenarto.

Tim monev itu akan mengacu pada Perda No mor 24/2012 tentang Pendirian dan Pengendalian Menara Telekomunikasi. Serta, Perbup Nomor 10/2014 tentang Pendirian dan Pengendalian Menara Telekomunikasi. “Bidang yang diawasi masingmasing  tak sama.

Tapi, semua akan dilakukan secara bersama-sama. Jadi, tidak lagi sendirisen  diri. Sehingga, lebih praktis, tepat, dan mengena. Selain itu, juga menghemat anggaran,” jelasnya.  Menurutnya, menara telekomunikasi harus memenuhi sejumlah hal.

Seperti, retribusi yang  harus dibayar pemiliknya dan  izin mendirikan bangunan (IMB). Lalu, rekomendasi cell plant,  kons truksi, dan ketinggian. Serta, lama pemanfaatan atau durasi berdirinya tower dan lain sebagainya.

“Monitoring menara tele komunikasi  ini sangat kompleks,  item dan parameternya banyak. Jadi, jika di lapangan dilakukan secara bersama dalam tim monev pasti lebih memudahkan,” jelas Soenarto. Tim monev ini, nanti akan mengawasi  250 menara telekomunikasi.

Ratusan menara itu mayoritas atau sekitar 70 persen  berdiri di wilayah barat. Seperti  Pandaan, Bangil, Gempol, Beji, Sukorejo, dan Purwosari. “Melalui  tim monev ini, semuanya akan di awasi bersama,” ujar Soenarto. (radar)