Browse By

Kaji Pengembangan Dua Pasar Tradisional

PANDAAN – Pemkab Pasuruan berencana mengembangkan dua pasar tradisional di wilayah barat. Yakni, Pasar Gempol dan Pasar  Pandaan yang direncanakan jadi  pasar semi modern. Hal itu diungkapkan Kepala
Disperindag Kabupaten Pasuruan  Edy Suwanto.

Pasar-Pandaan-yang-juga-direncanakan-bakal-dikembangkan-Pemkab-mulai-tahun-depan.

“Untuk Pasar Gempol, kami akan jadikan sebagai grosir atau perkulakkan konfeksi,” ujarnya. Keputusan itu diambil lantaran Pasar Gempol dinilai berada di wilayah yang strategis. Lokasi pasar setempat dekat dengan keluar-masuk jalan Tol.

Loading...

Diakui Edy, selama ini Pasar Gempol belum dioptimalkan. Pasar setempat hanya terlihat ramai transaksi jual-belinya saat pagi hari saja. Padahal, pasar setempat  cukup luas. “Karena itu, kami targetkan di 2016, DED (detail engineering  design) Pasar Gempol ini bisa  jadi.

Targetnya bakal jadi pasar semi modern. Ada tempat grosir konfeksi, mengingat Gempol juga sentra konfeksi,” ujarnya.  Untuk merealisasikan target tersebut, pemkab pun berharap dapat bantuan dana dari peme rintah pusat.

Dari hitung-hitungan kasar sementara oleh konsultan, Edy menyebut  untuk mereali sa sikan proyek  itu dibutuhkan dana sekitar 15-20 miliar. “Kami upa yakan dapat dukungan  dari pusat agar tidak membebani APBD,” harapnya.

Selain Pasar Gempol, Pasar Pandaan juga jadi target pengembangan.  Edy menyebut, pada 2016 Pasar Pandaan bakal dikelola lebih profesional lagi. “Seperti pengaturan pedagang, kios-kios yang dijual, termasuk parkir dan kendaraan akan lebih dirapikan,” ungkapnya.

Dari pengamatannya, saat ini Pasar Pandaan masih semrawut.  Bahkan, banyak pedagang yang  kurang tertib, seperti berjualan  di luar pasar. Saat ini sedang dilakukan review  soal DED pasar setempat. Dari review itu bakal diketahui apakah  diperlukan pembangunan kios baru agar pedagang lebih tertib.

“Untuk Pasar Pandaan kami masih menunggu hasil review, tapi kalau pun ada pembangunan, juga akan diupayakan mendapatkan dukugan  dari pusat. Untuk Pasar Pandaan  kebutuhan dananya berkisar Rp 2 miliar,” jelasnya. (radar)

Incoming search terms:

  • pasar pandaan
  • video kecelakaan di wonokawan