Browse By

Penyulingan Gaharu Terbakar

Kabarbromoterkini.com, MAYANGAN – Salah satu tempat penyulingan kayu gaharu di Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Mangunharjo, Kota Probolinggo, siang kemarin (10/10) terbakar. Sebuah ruangan yang digunakan sebagai tempat penyulingan  kayu gaharu, ludes dilalap api.

Seorang-warga--berusaha-memadamkan--api-dengan--menyiramkan-air.

Kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar. Informasi yang dikumpulkan Jawa  Pos Radar Bromo di lokasi menyebutkan, api terlihat membesar sekitar pukul 10.15. Api muncul dari dalam ruangan yang difungsikan sebagai tempat penyulingan kayu.

“Api muncul membesar sekitar pukul 10.15. Di dalam banyak bahan ethanol, jadi apinya cepat membesar,” ujar Suwito, Babinsa Mangunharjo yang ditemui di lokasi, kemarin.

Loading...

Ethanol tersebut digunakan sebagai bahan bakar proses penyulingan gaharu. Tak pelak, banyaknya bahan mudah terbakar di lokasi membuat api sulit dipadamkan. Sekitar  satu jam kemudian, petugas pemadam dengan dibantu warga sekitar berhasil menjinakkan api.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar  jam 11,” ujarnya.  Dari lokasi gudang yang terbakar ini terdapat lebih dari 10 ketel yang digunakan untuk penyu lingan. Selain itu, juga terdapat beberapa tabung yang menyerupai tabung gas.  “Saat kebakaran terjadi, ada salah satu pekerja yang terkena api.

Tadi langsung dibawa ke  RSUD dr Moh. Saleh, Kota Probolinggo,” terang Suwito.  Salah satu pekerja di lokasi, Tohir mengungkapkan, api diperkirakan berasal dari korsleting listrik. Di dalam gudang terdapat stop kontak yang bermasalah akhirnya menimbulkan percikan api.

“Percikan api kemudian menyambar tabung ethanol yang digunakan sebagai bahan bakar penyulingan. Akhirnya terjadi kebakaran. Kalau kerugian bisa sampai miliaran,” jelasnya saat disinggung soal nilai kerugian  akibat insiden tersebut.

Sementara, itu Kapolsek Mayangan AKP Wiwoho saat ditemui tidak banyak memberikan keterangan terkait insiden tersebut. Termasuk, saat disinggung penyebab  kebakaran. “Masih belum  tahu penyebabnya,” terangnya, singkat. (radar)

Incoming search terms:

  • harga mebel mentahan terbaru 2016 bokir pasuruan
  • penyuling kayu garu probolinggo