Browse By

Tol Pasuruan-Probolinggo Lewati 25 Desa

Di Kabupaten Probolinggo Lalui 18 Desa

PROBOLINGGO – Pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Pas-Probo) yang dicanangkan pemerintah pusat akan melalui 25  desa dan 3 kelurahan. Sejumlah desa dan kelurahan itu terbentang  di Kota/Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan.

TOL-PAS-PROBODI-KOTA-KABUPATEN-PROBOLINGGO.

Diantaranya, Di Kabupaten Probolinggo ada 4 kecamatan dan 18 desa. Sedangkan, di Kota Probolinggo ada 1 kecamatan dan 2 kelurahan. Serta, ada 2 kecamatan dan 7 desa serta 1 kelurahan di Kabupaten Pasuruan. Kini, tahapan proyek pembangunan jalan tol itu memasuki persiapan setelah melalui tahap perencanaan.

Loading...

Kemarin (8/10), Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemprov Jatim menggelar sosialisasi terkait rencana itu di kantor Kecamatan Tongas. Di hadiri oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Agus Winarno; Tim  Persiapan Jalan Tol Pemprov Jatim Anwari; pejabat Pemkab Probolinggo,  Pemkab Pasuruan, dan Pemkot  Probolinggo.

Serta, muspika Tongas dan kepala desa maupun lurah di  tiga daerah itu.  Anwari mengatakan, rencana pro yek ini sejatinya sudah lama. Tapi, kala itu masih ada kendala.  Di antaranya, dilaluinya objek vital  yang bakal sulit dibebaskan.

Seperti sekolah, rumah ibadah, sampai lahan milik Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Karenanya, setelah perencanaan rampung, proyek ini  kembali diteruskan.  Ia berharap, proyek ini berjalan lancar demi perkembangan infrastruktur dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Sesuai rencana lanjutan, dimulai tahapantahapannya  sejak tahun ini,” ujar  pria yang juga menjabat Kabag Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Jatim itu. Di tempat yang sama, Agus menjelaskan tahapan-tahapan yang sudah dilalui tim untuk pembangunan tol  ini.

Total panjang tol di tiga daerah itu 31,3 kilometer. Rinciannya, Kabupaten Pasuruan 8 kilometer, Kabupaten Probolinggo 22,075 kilometer, dan Kota Probolinggo 1,225 kilometer. “Setelah ini, kami akan turun ke desa-desa untuk mensosialisasikan pembangunan jalan tol ini ke warga,” ujarnya.

Pada tahap persiapan, selain sosialisasi, juga akan dilakukan persiapan pengadaan tanah. Total  kebutuhan lahan tol ini mencapai 271,17 hektare. Tahapan persiapan ini diberi jatah selama 2 tahun sampai 2017. Setelah itu, dilanjutkan ke tahap penga daan tanah dan terakhir tahap penyerahan hasil.

“Baru setelah empat tahap selesai, pembangunan jalan tol dilaksanakan. Jadi, masih  lama,” ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • tol probolinggo
  • peta jalan tol pasuruan probolinggo
  • peta tol pasuruan probolinggo
  • jalan tol pasuruan probolinggo
  • jalan tol probolinggo
  • proyek tol pasuruan probolinggo
  • tol probolinggo jember
  • rencana tol pasuruan probolinggo
  • peta tol probolinggo banyuwangi
  • tol probolinggo pasuruan