Browse By

Delapan PSK Positif HIV/AIDS

BANGIL – Geliat kupu-kupu malam di Kabupaten Pasuruan kian menjadi teror yang mengkhawatirkan. Pasalnya, keberadaan mereka kian menjadi ancaman penyebaran penyakit mematikan, HIV/AIDS. Hal itu terlihat dari hasil pemeriksaan terhadap puluhan wanita penghibur yang terjading Satpol  PP, kemarin.

Delapan PSK Positif HIV/AIDS

Dua hari menggelar razia, sebanyak 27 PSK (Pekerja Seks Komersil) berhasil diamankan. Dari angka itu, delapan PSK diantaranya di pastikan terjangkit HIV/AIDS.

Kepala Dinas Pol PP Anang Saiful Wijaya membenarkan adanya sebagian PSK yang positif menyandang status ODHA itu. “Ada delapan yang positif,” terangnya.

Menurut dia, kedelapan PSK itu beroperasi di wilayah Tangkis, Gempol, Lekok, Ngopak, dan juga Prigen. Anang yang sebelumnya menjabat camat di beberapa wilayah itu menegaskan, razia PSK akan tetap menjadi salah satu kegiatan instansi yang dipimpinnya.

Loading...

Hal itu, sebagai bagian dari upaya penegakan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Prostitusi di Kabupaten Pasuruan. Menurut Anang, sebanyak 20 personel Pol PP dikerahkan dalam operasi yang berlangsung dua hari ini.

Operasi dilakukan dengan menyisir sejumlah tempat yang disinyalir sebagai tempat mangkalnya para PSK. “Kami juga menggandeng anggota PM, untuk kelancaran penindakan,” ungkap Anang.  Beberapa tempat yang sempat di datangi adalah kawasan Tangkis Kali Porong, Gempol.

Kemudian, Sedarum, Kecamatan Nguling;  Ngopak, Kecamatan Grati; Karanganyar, Grati; hingga Tretes, Kecamatan Prigen. Hasilnya, sebanyak 27 perempuan PSK berhasil diamankan. Selanjutnya, para PSK yang terjaring dibawa ke markas Pol  PP di kompleks perkantoran Raci.

Selain didata, mereka juga menjalani pemeriksaan kesehatan  guna mengetahui kemungkinan adanya penyakit menular. “Ternyata, 5 PSK yang dari Gempol ada yang positif. Lalu satu dari Ngopak, satu di Lekok, dan  satu lagi di Prigen.

Mereka yang terinfeksi HIV/AIDS, akan dilakukan pendampingan oleh Dinas Kesehatan,” katanya. Namun, langkah tersebut baru bisa dilakukan  setelah yang bersangkutkan menjalani sidang tipiring. Sementara itu, temuan tersebut kian menambah daftar PSK yang  positif HIV/AIDS menjadi 45 orang sepanjang tahun ini. Sebelumnya, sudah ada 37 PSK yang mengidap HIV/AIDS. (radar)

Incoming search terms:

  • tempat psk pasuruan
  • psk pasuruan
  • tempat mangkal psk karanganyar
  • tempat mangkal psk di pasuruan