Browse By

Hutan Arjuno Membara

PRIGEN – Hingga hari kedua, kebakaran hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo terus berlanjut. Di Blok Sawahan, Lereng Arjuno, Kabupaten Pasuruan, api  terus berkobar hingga terlihat para pengguna  jalan di Raya Malang-Surabaya.

Kobaran-api-yang-membakar-kawasan-Tahura-R.-Soerjo-di-lereng-Arjuno,-Kabupaten-Pasuruan.

Sejauh ini, belum diketahui berapa luas lahan yang terbakar akibat kejadian ini.  Namun, dibanding empat peristiwa kebakaran yang terjadi sebelumnya, melihat garis api  yang terekam oleh kamera, boleh jadi merupakan yang paling parah.

Saat kebakaran diketahui pada Selasa (22/9)  pagi lalu, ada dua lokasi yang terbakar. Yakni,  selain Blok Sawahan, Arjuno, satu lokasi lainnya ada di Blok Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, lereng Gunung Welirang. Namun, kemarin di lokasi ini, pembuatan skat bakar  berhasil melokalisir kobaran api.

Loading...

Nah, kondisi sebaliknya terjadi di Blok Sawahan. Di lokasi yang juga karib disebut hutan Lali Jiwo ini, api terus berkobar. “Api masih terus berkobar dan belum berhasil  dipadamkan. Untuk berapa luasan yang terbakar, belum dapat diketahui.

Karena tim berada di puncak,” cetus Anjar, staf UPT  Tahura R. Soerjo. Menurtu Anjar, kondisi medan yang sulit karena banyak palung jurang dan bebatuan menyebabkan upaya pemadaman tak mudah. Apalagi, lahan yang terbakar  juga disebutkan berada  di ketinggian 2.000 meter di atas  permukaan air laut (mdpl), tak  jauh dari Lembah Kijang yang  terbakar sebelumnya.

“Medannya sangat sulit, bahkan lebih sulit dibanding lokasi kebakaran  sebelumnya. Ini di atas juga sempat kewalahan, tapi  mereka tetap berupaya sekuat  te naga untuk melakukan pemada  man,” bebernya kepada Jawa  Pos Radar Bromo.

Anjar pun belum berani memastikan  saat disinggung penyebab kebakaran kali ini. Menurutnya,  hal itu baru akan diketahui setelah pihaknya melakukan evaluasi atas beberapa temuan di lapangan.  Kendati begitu, informasi dari salah satu petugas di lapangan, dugaan sementara bukan akibat  perburuan liar.

Namun, sisa kebakaran  sebe lumnya yang terbawa angin sehingga muncul kobaran baru.  “Pemadaman terus berlangsung.  Kalau sudah padam, nanti baru dilakukan evaluasi untuk mengetahui  penyebabnya,” jelas Anjar.

Sementara itu, Kepala Seksi Tahura R. Soerjo di Pandaan Murbandato mengatakan, terhitung sejak Januari hingga saat ini, total 14 kali kebakaran hutan di wilayah kerjanya terjadi. Meliputi wilayah Cendono (Kecamatan Purwosari), Jatiarjo, Pe calukan, Lumbangrejo (Kecamatan Prigen).

“Total lahan yang terbakar sekitar 315 hektare,” terang Murbandato. Namun, angka tersebut dipastikan akan bertambah.  Sebab, untuk berapa luas lahan yang terbakar terakhir ini, belum  diketahui. (radar)

Incoming search terms:

  • bokep hantam di hutan