Browse By

Hari Ini Pilkades Serentak

Diikuti 783 Cakades dari 252 Desa

PROBOLINGGO – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak se-Kabupaten Probolinggo, digelar hari ini. Terdapat 783 calon kades dari 252 desa, ikut meramaikan sukses kepemimpinan di tingkat desa itu. Itu artinya, akan ada 531 calon yang nantinya bakal tersisih.

Ratusan_pasukan_Brimob_ikut_disiagakan_untuk_mengamankan_jalannya_pilkades_serentak_di_Kabupaten_Probolinggo_hari_ini.

Kabag Pemerintahan Edy Suryanto mengatakan,  sesuai rencana, semua persiapan terkait penyelenggaraan pilkades sudah siap. Karena itu, ia berharap pesta  demokrasi ala desa yang berlangsung serentak untuk kali pertama itu, berlangsung sukses dan lancar.

“Semoga tidak ada kendala yang berarti,” ujarnya berharap. Untuk menarik simpati, para calon sejatinya telah menggunakan berbagai macam cara saat masa kampanye lalu. Mulai dari memasang alat peraga, sosialisasi program, sampai silaturahmi  ke para tokoh di masing-masing desa.

Loading...

Meski begitu, menjaring simpati pemi lih bukanlah perkara mudah. Sebab, untuk mendatangkan pemilih ke tempat pemungutan suara (TPS) saja, terbilang sulit. Terlebih, jika pemilih tersebut saban harinya punya aktivitas. Misalnya warga desa yang setiap hari harus ke sawah.

Karena itu, serangan fajar yang seolah-olah menjadi biasa tersebut, sangat mungkin terjadi. Terlebih, duit yang di sebarkan oleh cakades dianggap sebagai ganti tidak kerja pada hari itu. “Kami berharap semua calon berkompetisi dengan fair.

Tidak menggunakan cara-cara yang tidak pantas,” pinta Bupati Puput Tantriana Sari di hadapan semua cakades saat deklarasi damai lalu. Hal senada juga disampaikan Kabag Pemerintahan Edi Suryanto. “Ini juga menjadi perhatian kami.

Harapannya, semua cakades memanfaatkan momentum Ramadan dengan melakukan persaingan sehat. Tidak perlu melakukan cara-cara seperti itu,” jelasnya. Bagian Pemerintahan sendiri, sudah menetapkan daftar pemilih tetap mencapai  632.231.

Desa paling banyak DPT-nya yakni Desa Sumberkedawung dengan 9.049  pemilih, sementara pa ling kecil DPT-nya yakini Desa Bulu pandak, Kecamatan Gading dengan 424 pemilih.  Sementara itu, pemkab sendiri memutuskan untuk tidak menerapkan hari libur saat pelaksanaan pilkades hari ini.

Pertimbangannya, tidak semua desa menggelar pilkades. Jika diliburkan maka dikhawatirkan berdampak negatif bagi lokasi dimana pemilih bekerja. Meski begitu, pihaknya sudah menyiapkan solusi, yakni dengan mengirimkan surat dispensasi untuk memberikan kesempatan pemilih nyoblos.

“Misalkan ke Ibu Wali Kota Probolinggo, kami sudah mengirimkan surat agar mengizinkan pegawai asal kabupaten  diberi waktu untuk nyoblos,” jelasnya. Selain itu, pihaknya juga mengirimkan  surat pada semua perusahaan dengan maksud yang sama.

“Namun, setelah mencoblos, karyawan harus kembali masuk bekerja karena kami memang tidak menerapkan libur,” katanya. Ia  berharap tingkat kehadiran pemilih bisa  tembus hingga 80 persen. (radar)