Browse By

Waktu Terbatas, Jembatan Dibangun Semi Permanen

Jembatan yang Putus di Sumber Kembar

PAKUNIRAN – Warga Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo akan segera punya jembatan. Saat ini, Pemkab Probolinggo mulai membangun jembatan baru di desa setempat. Namun, pemkab baru bisa membangun jembatan semi permanen.

Perbaikan_Jembatan_Sumberkembar.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui Kabid Pemeliharaan Santoso menjelaskan, pembangunan jembatan semi permanen di Desa Sumber Kembar itu mulai dikerjakan awal  bulan Juni.

Anggaran dananya  mencapai Rp 320 juta.  ”Tahun ini belum bisa membangun jembatan permanen. Jadi, baru dibangun jembatan  semi permanen sebagai akses  sementara masyarakat. Setidaknya, jembatan semi permanen itu bisa dilalui kendaraan roda empat juga,”katanya saat di hubungi, kemarin (26/06).

Loading...

Dilanjutkan Santoso, kemampuan keuangan dalam PAK (perubahan anggaran keuangan) tahun ini bukan menjadi penyebab utama pembangunan jembatan semi permanen. Pihaknya, saat ini terbentu pada waktu pengerjaan. Asumsinya, PAK baru disahkan sekitar bulan September atau tiga bulan sebelum akhir tahun.

Dalam waktu tiga bulan itu, semua kegiatan di PAK harus rampung, tanpa terkecuali. Di sisi lain, pembangunan fisik  jembatan permanen diperkirakan butuh waktu 6 sampai 8 bulan.  Karena itu, akhirnya dibangun jembatan semi permanen.

”Jadi, kami membangun jembatan semi permanen dengan  menggunakan anggaran yang  telah teralokasi di APBD 2015 sebesar Rp 320 juta. Semula anggaran itu digunakan untuk perbaikan penyangga jembatan Sumber Kembar. Tapi malah keburu putus duluan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, hujan deras sekitar 4 jam lamanya membuat arus sungai yang melalui jembatan Sumber Kembar begitu besar, beberapa bulan lalu. Akibatnya, arus sungai itu menggerus  pondasi jembatan yang sudah  retak. Jembatan pun putus dan mengganggu akses jalan penghubung tiga kecamatan.

Yaitu kecamatan Paiton, Pakuniran dan Gading. Untuk sementara Santoso berharap, masyarakat sabar dan tetap menggunakan akses jembatan darurat. Setidaknya, sampai jembatan semi permanen rampung digarap. ”Jembatan semi  permanen akan di bangun di atas jembatan yang putus. Kami targetkan, akhir tahun ini pembangunan jembatan semi permanen itu rampung,” jelasnya. (radar)

Incoming search terms:

  • jembatan biru pakuniran