Browse By

Gempol Lancar, Macet di Pandaan

Usai Beroperasinya Tol Gempan

PANDAAN – Dioperasikannya tol Gempol-Pandaan (Gempan) tidak serta merta mengurai problem kemacetan di jalur nasional regular. Terbukti, saat di Gempol arus lalin terpantau lancar, di Pandaan, kemacetan terjadi hingga sepanjang 1 kilometer.

mpak_hilir_mudik_kendaraan_yang_keluar_masuk_gerbang_tol_Pandaan_kemarin.

Antrean kendaraan itu terjadi tepat di pintu keluar masuk gerbang tol Pandaan di Raya Karangjati, Kecamatan Pandaan. Dari arah Malang, tumpukan kendaraan terjadi depan pintu tol hingga Desa Suwayuwo, Kecamatan Sukorejo. Dari arah Surabaya, kondisinya juga tidak jauh berbeda.

Sugeng, salah satu warga desa  setempat mengatakan, kemacetan parah seperti yang terjadi kemarin  belum pernah terjadi sebelumnya. “Sudah dua hari ini arus lalin padat dan kemacetan panjang terjadi di Karangjati, bahkan  sampai dengan Suwayuwo, Sukorejo. Ya, setelah tol  Gempan beroperasi  itu,” ujarnya.

Ia pun berharap pihak-pihak  terkait bisa mencari solusi terkait kondisi tersebut. Sebab, keberadaan tol yang diharapkan bisa menjadi solusi atas kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalur Gempol-Pandaan, kini justru memunculkan problem baru.

Loading...

“Pihak terkait tak boleh tinggal diam, harus turun tangan mengatasi  masalah ini secepatnya,” pintanya.  Ya, beroperasinya tol sepanjang 13,61 Km Jumat (12/6) lalu, memang memunculkan permasalahan baru terkait kondisi lalin di Pandaan. Sebab, tidak adanya circle dari jalur utama ke gerbang tol membuat banyak kendaraan menumpuk di depan pintu masuk tol.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pasuruan Heri Yitno mengakui adanya penumpukan kendaraan pasca beroperasinya jalur bebas hambatan  itu. Selain karena rekayasa  arus yang belum berjalan sempurna, hal itu juga disebabkan volume kendaraan yang meningkat karena bersamaan dengan akhir pekan. 

Kendati begitu, untuk mengatasi persoalan tersebut, pihaknya akan segera melakukan pertemuan  dengan pihak terkait. Di antaranya dengan Satlantas Polres Pasuruan; PT Jasamarga Pandaan Tol, selaku pengelola tol Gempan; Balai  Besar Jalan Nasional V; PU Bina  Marga; dan juga Dishub Provinsi  Jatim.

 “Perlu ada pengaturan dan penataan  ulang di Karangjati agar kepadatan volume kendaraan  dan sekaligus kemacetannya bisa berkurang. Syukur-syukur kalau yang terjadi sekarang bisa diatasi dan kembali normal seperti biasanya,”  tegasnya. Terpisah, KBO Lantas Iptu Akhmad Sukiyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya untuk mengurai penumpukan kendaraan di depan tol Pandaan itu.

Selain menempatkan  personel di lapangan, pihaknya juga melakukan rekayasa terhadap penggalan jalan yang biasa dipakai putar balik. “Pemasangan separator untuk pembatas lajur sepanjang 300 meter juga kami pasang, dari  arah selatan ke utara depan Taman Dayu.

Sementara ini yang kami lakukan, tergantung kondisi dan situasi di lapangan. Kedepan, harus ada pengaturan ulang untuk timer traffic ligt di simpang empat Taman Dayu atau bisa juga dengan pelebaran jalan,” jelasnya. (radar)

Incoming search terms:

  • Bokep gempol jalan mana arah ya