Browse By

Pasar Wisata Plintahan Siap Dibangun

qeNilai Investasi Capai Rp 20,5 M

PANDAAN – Lama tarik ulur, rencana pem bangunan pasar wisata di Dusun Mlaten, Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan, akhirnya menemui titik terang. Mei ini, pasar yang digagas sejak tahun 2012 itu segera dibangun dengan dana Rp 20,5 miliar.

Pembangunan pasar wisata di tanah kas desa setempat itu, bisa dipastikan setelah kerja sama dengan PT Intan Multi Plus sebagai pengembang atau in vestor awal, diputus. Sebagai penggan tinya, yaitu PT Soka Darma Widya, Surabaya.

“Insya Allah sebelum akhir tahun ini bangunan fisik pasar wisata terealisasi. Sebab, pada Mei ini, pekerjaan fisik mulai digarap oleh pengembang,” jelas Kades Plintahan Sanusi. Selain ada pengembang baru, rekomendasi Pemkab Pasuruan untuk pembangunan pasar wisata, menurut Kades Sanusi, sudah turun.

Loading...

Termasuk MoU antara pengembang dengan pemerintah desa. Pasar wisata itu sendiri berada di barat  jalan Pandaan–Ledug (Prigen). PT Soka Darma Widya selaku investor sudah menyiapkan biaya pembangunan sebesar Rp 20,5 miliar.

Kedepan, kata Sanusi, pasar wisata ini akan dikelola oleh investor. Namun, pasar tetap menjadi aset desa. Desa sendiri akan mendapat kompensasi kerja sama sebesar Rp 700 juta. Pembayaran kompensasi akan dilakukan tahun ini secara bertahap.

Tahap pertama Rp 250 juta telah dibayarkan. Sisanya Rp 450 juta akan dibayar dalam dua tahuan. Untuk pekerjaan fisik pasar, bakal dibangun 370 stan lahan seluar 2 hektare itu. Saat ini pembangunan fisik diawali dengan pemerataan tanah. (radar)

Incoming search terms:

  • pasar wisata pandaan
  • neow sahabat mlaten plintahan