Browse By

4 Pembobol Madrasah Dibekuk

tangkapHasil Curian Dijual di Toko Online

KRAKSAAN – Pemburuan jajaran Polres Probolinggo terhadap pelaku pencurian di MTs Negeri dan MAN Pajarakan, berhasil. Selain menggulung empat tersangka, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 9 unit LCD proyektor.

Para tersangka itu adalah Heri Tidarwanto, 25, warga Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dan Gunawan, 40, warga Kabupaten Jember. Serta, dua warga Jakarta, yakni Khoirul, 38 dan Sutrisno, 45. Kini, dari empat tersangka itu, hanya Heri yang ditahan di Mapolres Probolinggo.

Tiga pelaku lain diamankan di Polda Jawa Tengah, untuk pengembangan. Wakil Kapolres Probolinggo Kompol Sujiono mengatakan, setelah memburu pelaku, Senin (13/4) pihaknya berhasil membekuk Heri di Semarang.

Kemudian, ketika pelaku lain dibekuk di Jawa Tengah pada Kamis (16/4). “Para pelaku ini memang spesialis curat lintas daerah. Terakhir, mereka beraksi di MTs Negeri Pajarakan dan MAN Pajarakan,” ujarnya.

Loading...

Diketahui, Kamis (9/4) lalu, MTs Negeri dan MAN Pajarakan jadi sasaran pencuri. Dalam waktu bersamaan, pelaku menggondol 9 unit LCD proyektor. Dua lembaga itu pun ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta.

“Semua LCD proyektor yang dicuri dari MTs Negeri Pajarakan dan MAN Pajarakan, berhasil diamankan di Jakarta,” ujar Sujiono. Menurutnya, modusnya, para pelaku mencari sasaran sambil jalan-jalan.

Saat mendapati ada gedung sekolah di tepi jalan raya dan ada kesempatan, mereka langsung beraksi. “Para pelaku ini pintar, barang elektronik yang dicuri langsung dikirim ke Jakarta, lewat jasa paket kereta api,” jelasnya.

Ternyata, barang curian itu mereka kirim ke sebuah toko elektronik online. Karenanya, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti 9 unit LCD proyektor itu di sebuah toko online elektronik di Jakarta.

“Penadah dan pelaku ini sudah beberapa kali transaksi hasil aksi kejahatan. Sekarang, penadahnya diamankan di Mapolda Jateng untuk pengembangan,” jelasnya. Kini, menurut Waka Polres, para tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

Ancaman hukumannya maksimal 9 tahun penjara. “Untuk sementara ini, TKP di Kabupaten Probolinggo baru di MTs Negeri Pajarakan dan MAN Pajarakan,” ujarnya. Dengan dibekuknya para pelaku ini, bukan berarti tugas polisi usai mengungkap kasus pencurian di sekolah.

Sebab, sebelum MTs Negeri dan MAN Pajarakan dibobol maling, Senin (6/4) malam brankas SMPN 1 Maron, juga dibobol maling. Dari sekolah ini, pelaku menggarong duit Rp 22 juta. (radar)

Incoming search terms:

  • cari kriminal di daerah tigasan